Home TANGERANG HUB Disnaker Dorong Pekerja Tingkatkan Kompetensi

Disnaker Dorong Pekerja Tingkatkan Kompetensi

0
SHARE
SKILL: Para pekerja di Kota Tangerang perlu meningkatkan skil kompetensi.

KOTA TANGERANG – Kompetensi mutlak dimiliki setiap tenaga kerja. Mengingat persaingan industri global saat ini cukup ketat. Kompetensi juga akan berdampak pada hasil produksi dan manajemen sumber daya perusahaan.

Dinas Ketenagakerjaan terus mendorong para pekerja untuk meningkatkan kompetensi sesuai skill dan keahlian teknis di bidang masing-masing.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, M Rakhmansyah mengatakan, Disnaker terus berupaya memfasilitasi peningkatan SDM di sektor industri. Namun, sampai saat ini jumlah tenaga kerja di Kota Tangerang yang telah bersertifikasi masih sedikit.

Untuk mendongkrak kualitas dan kompetensi tenaga kerja yang unggul, Disnaker bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP/ Lembaga Sertifikasi Profesi mengadakan program sertifikasi tenaga kerja pada bidang keterampilan menjahit.

Ia memaparkan, kompetensi tenaga kerja yang unggul yang ditunjukkan dengan kepemilikan sertifikat dapat meningkatkan kualitas produksi pada industri yang bersangkutan.

Di sisi lain, sertifikat kompetensi juga mampu meningkatkan daya saing perusahaan dan tenaga kerja yang bersangkutan. “Untuk itulah sertifikasi kompetensi menjadi sangat penting,” katanya.

Selain itu, dalam rangka menghadapi iklim ekonomi di era global, kata Rakhmansyah, harus dapat menciptakan competitive advantage atau keunggulan daya saing melalui peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang salah satu upayanya adalah dengan system standarisasi dan sertifikasi.

“ini memang sangat penting karena kuncinya adalah bagaimana kita meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dari para pekerja di dunia industri,”ujarnya.

Kendati demikian, dirinya tetap berharap agar program sertifikasi ini mampu terus melahirkan tenaga-tenaga kerja yang profesional dan kompeten di bidangnya masing-masing.

“Kita berharap dengan adanya sertifikasi tenaga kerja ini sebagai peningkatan sumber daya manusia yang handal dan mumpuni bagi warga Kota Tangerang,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here