Home TANGERANG HUB Masjid Raya Al Azhom Bentengi Jemaah dengan Thermal CCTV

Masjid Raya Al Azhom Bentengi Jemaah dengan Thermal CCTV

0
SHARE
Masjid RayavAl-Azhom tengah dipasang alat thermal CCTV yang dapat mendeteksi suhu tubuh jamaah secara otomatis yang melintas pintu utama, Kamis (3/12/2020).

KOTA TANGERANG – Wabah virus corona di Kota Tangerang yang sempat mengalami penurunan, kini kembali berada di Zona merah. Sebagai antisipasi upaya pencegahan penyebaran virus corona, Masjid Raya Al-Azhom mendapatkan bantuan alat Thermal CCTV otomatis yang langsung dapat menangkap suhu tubuh orang yang melintasi pintu masuk area shalat.

Humas Masjid Raya Al-Azhom, Rofiqi mengungkapkan, alat ini dipinjamkan oleh pihak penyedia atas inisiatif pemilik perusahaan. Secara kebetulan wabah virus corona dikala wilayah Kota Tangerang kembali berada di zona merah, kata Rofiqu, dengan adanya bantuan alat thermal CCTV ini pihak pengurus Masjid Raya Al-Azhom merasa terbantu dapat memaksimalkan pencegahan terjadinya penyebaran wabah virus corona. Sebelumnya setiap masuk waktu shalat, pihak Masjid Raya Al-Alzhom melakukan pengecekan suhu jamaah yang akan menunaikan shalat hanya menggunakan alat Thermo gun yang masih manual dan dinilai tingkat keakuratannya tidak maksimal. Sementara Thermal CCTV ini tingkat keakuratan pengecekan suhu tubuh dinilai lebih baik.

“Alat thermal CCTV ini dapat langsung menangkap banyak orang yang melintas,” ungkap Rofiqu kepada Tangerang Ekspres, Kamis (3/12).

Pemasangan alat thermal CCTV tersebut atas inisiatif pihak penyedia yang memberikan pinjaman secara sukarela selama masa pandemi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Rofiqu menuturkan, jika jamaah shalat membludak seperti shalat Jumat, pihaknya bersama penyedia akan menerjunkan tim untuk mengawasi jamaah yang terdeteksi suhunya diatas rata-rata yakni 370C lebih. Jamaah yang suhunya diatas batas normal akan pisahkan ditempatkan dilantai 2 area shalat. Kemudian pihak pengurus al azhom akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut yang bekerjasama dengan tim medis.

“Jamaah yang suhunya diatas batas normal tempat shalatnya akan dipisahkan di lantai 2, setelah itu tim medis akan melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Sementara, pemilik perusahaan Dokter CCTV sebagai penyedia alat thermal CCTV, Medy Yanuar Irawan mengatakan, pemasangan Thermal CCTV untuk jamaah masjid kebanggaan warga Kota Tangerang itu bermula pekan lalu saat dirinya hendak menunaikan sholat. Namun pengukuran suhu tubuh masih menggunakan alat Thermalgun yang dinilai masih manual. Hal itulah yang mendasari dirinya untuk membantu pemasangan alat pengukur suhu tubuh menggunakan Thermal CCTV.

“Hari ini ada dua yang kita pasang, namun untuk minggu depan satu lagi Thermal CCTV yang jenis pintu,” katanya.

Medy mengatakan, alat tersebut akan ditempatkan selama pendemi. Kendati peminjaman Thermal CCTV itu secara sukarela tanpa imbalan apapun. Ia menjelaskan pihaknya dan dibantu oleh pengurus Masjid Raya Al Azhom menyiapkan tim untuk mengawasi suhu tubuh para Jemaah yang terdeteksi diatas batas normal. Kendati demikian, alat tersebut dapat menangkap suhu tubuh dan sekaligus para jemaah yang melintasi pintu masuk dalam jarak berkisar 5 meter.

“Ini yang pertama kita pasang di Kota Tangerang yaitu di Masjid Raya Al Azhom, semoga ini bermanfaat,” tandasnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, dalam beberapa waktu belakangan ini terdapat lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Kota Tangerang yang memerlukan perhatian lebih dari masyarakat terutama dalam penerapan protokol kesehatan.

Menurut Arief, jumlah yang terpapar virus corona naik signifikan, namun begitu pula dengan yang mengalami kesembuhan. Ia berpesan agar masyarakat tidak lalai dalam penerapan protokol kesehatan 3M dalam berkegiatan setiap harinya agar jumlah kasus Covid-19 di Kota Tangerang bisa terus ditekan penyebarannya.(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here