Home TANGERANG HUB Pengecekan Logistik Pilkada Berlapis

Pengecekan Logistik Pilkada Berlapis

0
SHARE
CEK LOGISTIK: Ketua Bawaslu Kota Tangsel Moch Acep disaksikan Ketua KPU Bambang Dwitoro (kanan) memeriksa logistik pilkada Tangsel, kemarin.

TANGSEL -Pekan depan pencoblosan dalam Pilkada Kota Tangsel digelar. Maka, dalam beberapa hari ini logistik pun harus didistribusikan. Untuk memastikan logistik sesuai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerapkan pengecekan berlapis.

Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, untuk memastikan pendistribusian logistik pilkada berjalan lancar pihaknya mengumpulkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di kantornya, kemarin. Dalam kegiatan ini, PPK diimbau untuk lebih teliti dalam mendistribusikan logistik.

“Antara lain bagaimana tentang pengendalian logistik kita ke depankan karena tinggal 7 hari lagi. Maka, kita menyampaikan bahwa nanti pengesetan logistik itu kebutuhannya harus tepat. Jumlah-jumlahnya tidak boleh ada kelebihan dan tidak boleh ada kekurangan,” kata Bambang.

Bambang melanjutkan, pihaknya menyampaikan kepada PPK bahwa distribusi logistik dan juga alat kerja harus sesuai dan tepat. Untuk menghindari kekurangan atau kelebihan, kata dia, maka nanti KPU akan terlibat dalam pengepakan paket logistik yang akan disebar ke TPS di seluruh wilayah Tangsel.

“Nanti akan dilakukan pengepakan di gudang-gudang atau aula PPK, KPU terlibat di situ sebagai petugas yang memeriksa terakhir,” ujarnya.

Ia mencontohkan, kalau TPS 1 di Kelurahan Setu, misalnya jumlah surat suaranya ada 250 maka petugas pengecekan di pengepakan harus memastikan jumlahnya sesuai dengan apa yang seharusnya.

“Di pengesetan ini, petugas itu bisa dari PPK dan PPS yaitu untuk menghitung kesesuaian jumlahnya,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya, petugas pemeriksa dari KPU akan melakukan pengecekan lagi. Jadi ada dua kendali yang dilibatkan di sini. “Ya ini evaluasi dari penyelenggaraan pemilihan 2019. Kan ada waktu itu surat suara yang kurang, alat-alat yang ada di alat kerja itu apa aja itu perlu petugas yang mengecek,” papar Bambang.

Di tempat sama, Divisi Logistik KPU Banten Ramlan meminta agar para petugas dari KPU dan PPK lebih teliti dalam bekerja. Jangan sampai, karena kurang teliti menjadi masalah di saat pencoblosan. “Kita dorong supaya lebih teliti,” katanya. (esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here