Home BISNIS Tak Perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, Indah Tenang ada Chika dan Vika

Tak Perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, Indah Tenang ada Chika dan Vika

0
SHARE
Chat Asistant JKN (CHIKA) merupakan layanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspons Artificial Intelligence (AI).

TANGERANG – BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi untuk melayani peserta. Pelayanan peserta selama masa pandemi Covid-19 mendapatkan perhatian besar. Untuk mengurangi kerumunan dan memberikan kemudahan bagi peserta, BPJS Kesehatan meluncurkan layanan baru yaitu Chika dan Vika.

“CHIKA adalah singkatan dari Chat Asistant JKN. CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspons Artificial Intelligence (AI),” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang, Johana.

Tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan, Chika bisa diakses melalui Whatsapp, Telegram bahkan Facebook Messenger. Untuk menghubungi melalui WhatsApp, peserta bisa mengirim pesan ke nomor 08118750400. Sedangkan jika peserta ingin terhubung melalui Telegram, bisa diakses di https://t.me/BPJSKes_bot. Serta Facebook Messenger bisa diakses dengan link sebagai berikut https://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI/.

“Informasi yang bisa diakses peserta melalui CHIKA cukup beragam, ada sebelas pilihan informasi yang bisa didapatkan. Sebagai contoh peserta bisa melakukan perubahan data identitas hingga perubahan kelas rawat peserta. Selain itu, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar bisa diubah juga melalui CHIKA,” tambahnya.

Selain itu, ada pula layanan Voice Interactive JKN (VIKA). VIKA merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Melalui Care Center peserta akan diarahkan untuk menekan angka tertentu sesuai dengan informasi yang kita butuhkan. Angka 1 untuk cek status kepesertaan JKN-KIS, angka 2 untuk perubahan data, angka 3 untuk konsultasi dokter, angka 4 untuk layanan badan usaha dan angka 5 untuk informasi dan keluhan lainnya.

“Selain CHIKA, ada pula VIKA yang bisa diakses melalui Care Center 1500 400. Layanan CHIKA dan VIKA kami hadirkan untuk mendukung upaya pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19. Peserta bisa tetap mendapatkan informasi dari rumah,” ujar Johana.

Layanan CHIKA dan VIKA adalah solusi yang baik untuk peserta agar tetap bisa mengurus administrasi kepesertaan dan tetap aman dari Covid-19. Kebutuhan peserta tetap bisa dipenuhi walaupun peserta tidak datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Indah, salah satu peserta JKN-KIS memberikan apresiasinya terhadap inovasi layanan yang diberikan BPJS Kesehatan. Baginya Chika dan Vika sangat bermanfaat.

“BPJS Kesehatan memberikan tambahan pilihan bagi kami sebagai peserta untuk mendapatkan informasi. Chika dan Vika saya rasakan sangat bermanfaat, apalagi saat pandemi Covid-19 ini. Banyak orang yang mungkin berpikir dua kali untuk keluar rumah dan BPJS Kesehatan menjawab kebutuhan ini. Kami tetap bisa mengurus administrasi kepesertaan sembari tetap aman di rumah saja,” tutup Indah.(*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here