Home BISNIS BPJS Kesehatan Tangerang Pastikan Lingkungan Aman dari Covid-19

BPJS Kesehatan Tangerang Pastikan Lingkungan Aman dari Covid-19

0
SHARE
Fasilitas pendukung protokol kesehatan thermometer infrared terpasang di BPJS Kesehatan Tangerang.

Tangerang- Keamanan dan keselamatan peserta adalah hal yang utama dalam masa pandemi Covid-19. BPJS Kesehatan menyadari bahwa layanan terhadap peserta tidak bisa ditunda maupun berhenti karna pandemi ini. Dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta namun tetap aman, BPJS Kesehatan Cabang Tangerang berkomitmen terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta dan pegawainya sendiri.

Hal tersebut dirasakan oleh Arwan Saripudin, salah satu peserta JKN-KIS asal Tangerang yang kedapatan sedang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Tangerang untuk mengurus data kepesertaannya. Arwan menyebut penerapan protokol kesehatan di kantor BPJS Kesehatan sudah berjalan cukup optimal. Hal tersebut terlihat dari berbagai macam upaya seperti pengukuran suhu tubuh hingga penerapan jaga jarak bagi peserta yang antre.

“Protokol kesehatan yang ada di kantor BPJS Kesehatan ini cukup ketat. Masyarakat yang datang sudah diatur, di mana mereka harus berdiri agar tetap menjaga jarak dengan yang lain. Bukan hanya himbauan, tetapi juga langsung diarahkan supaya tidak berkerumun,” ujar Arwan Saripudin.

Pertama, peserta diukur suhu tubuhnya melalui thermometer infrared. Kemudian, peserta mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang menyediakan tempat cuci tangan yang baik dan bersih bagi peserta. Halaman luar pun diberi tambahan tanda dimana peserta harus berdiri. Peserta harus mematuhi tanda tersebut agar jarak antar satu peserta dan peserta lain cukup aman.

“Lingkungan kantornya juga bersih, saya rasa juga aman dari Covid-19. Disini tidak ada kerumunan peserta, dan petugas juga memakai alat perlindungan diri dengan baik,” ujarnya.
Sebagai salah satu upaya untuk tetap berjarak antara peserta dan petugas, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang melengkapi security yang bertugas dengan speaker pinggang. Dengan speaker pinggang ini, security bisa berbicara dengan keras dan terdengar jelas tanpa berdekatan dengan peserta. Apalagi kantor BPJS Kesehatan yang sangat dekat dengan jalan raya, speaker pinggang ini membantu agar peserta dan security bisa berkomunikasi dengan baik tanpa saling mendekat.

Menurut Arwan, inovasi ini baik karena suara tetap terdengar jelas dan informasi bisa dipahami dengan baik, walaupun security yang bertugas berbicara dengan ditutup masker dan face shield. Menurutnya ini menjamin jarak antara peserta dan petugas.

“Dengan alat tersebut suara security terdengar jelas, sehingga informasi yang diberikan bisa kami pahami dengan baik. Apalagi jika situasi ramai, suara tetap terdengar dengan baik,” tutupnya. (*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here