Home OLAHRAGA KONI Kabupaten Tangerang Donor Darah Jadi Agenda Rutin

KONI Kabupaten Tangerang Donor Darah Jadi Agenda Rutin

0
SHARE
PERIKSA: H. M Komarudin Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang (kanan) memeriksa kondisi kesehatan sebelum melakukan donor darah.

UNTUK ketiga kalinya KONI Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan donor darah dan bakti sosial pada tahun 2020, Senin (7/12). Pada kegiatan kali ini seratus lebih peserta ambil bagian pada acara yang dilangsungkan di Sekretariat KONI Kabupaten Tangerang di Komplek Sport Center Kelapa Dua.

KONI yang bekerja sama dengan PMI serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kegiatan ini. Para peserta donor darah, pengurus KONI dan panitia wajib mengikuti rapid test atau tes cepat COVID-19.

“Ini menjadi agenda rutin kami setiap tiga bulan sekali, kami ingin baik kami pengurus dan atlet punya kepedulian terhadap orang yang membutuhkan darah disekitar kita. Apalagi ikut donor darah selain bermanfaat buat yang membutuhkan buat pendonor juga membuat badan kita bugar,” ucap H. Eka Wibayu Sekretaris Umum KONI Kabupaten Tangerang.

Dikemukakan Eka, agenda donor darah menjadi rutin untuk membantu ketersediaan darah bagi pihak yang membutuhkan. Karena lanjut Eka, ada tidak ada COVID-19 ketersediaan darah harus tetap terjamin, sehingga jika ada yang membutuhkan PMI bisa langsung menyalurkan.

Dan antusiasme atlet, pelatih, pengurus cabang olahraga, koordinator olahraga kecamatan dan pengurus KONI cukup tinggi untuk ambil bagian dalam kegiatan donor darah. Ini terlihat dari tetap tingginya angka pendonor yang dilakukan oleh KONI.

“Meski yang diundang pengcab dan KOK (koordinator olahraga kecamatan) yang sama tapi pesertanya selalu menembus angka 100 pendonor. Ini membuktikan kesadaran donor darah dari atlet, pelatih dan insan olahraga cukup tinggi,” ujar H. M Komarudin Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang yang juga menjadi pendonor pada kegiatan kemarin.

“Saya senang hari ini akhirnya bisa donor darah, sebelumnya saya gagal jadi pendonor karena dari pemeriksaan awal hb (hemoglobin) saya rendah. Sekarang bisa, Alhamdulillah,” ucap Komarudin sambil tertawa ringan.

Selain acara donor darah, KONI Kabupaten Tangerang juga menggelar acara bakti sosial buat atlet dan pelatih yang terdampak pandemi COVID-19. Setiap atlet mendapat bingkisan baik berupa sembako dan juga peralatan hand sanitizer serta masker.

“Acara ini sangat bagus untuk rutin dilaksanakan karena selain mengasah kepedulian kita, juga berguna menjaga kebugaran karena dengan darah kita rutin diambil untuk donor secara otomatis oksigen dalam darah juga muncul yang baru dan itu baik buat imun kita,” jelas Yaumi Safirah pelatih fisik layar Kabupaten Tangerang dan Banten. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here