Home OLAHRAGA Pelatda PON XX Cabor Panahan Mencari Tempat Latihan Definitif

Pelatda PON XX Cabor Panahan Mencari Tempat Latihan Definitif

0
SHARE
DEMI MEDALI EMAS: Atlet panahan Banten ditempa latihan bersama lebih banyak pada tahun 2021 untk memenuhi target lebih dari satu medali emas di PON Papua 2021.

PENGURUS Provinsi Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Pengprov Perpani) Banten terus mengupayakan kemampuan atlet panahan Banten meningkat. Satu cara yang tengah ditempuh organisasi pimpinan Rita Prameswari Riva’i mencoba mencari tempat latihan definitif buat Risda Amelia dkk.

Hal itu dilakukan lantaran selama ini 9 atlet panahan Banten kebanyakan berlatih mandiri dari total 4 kali latihan dalam sepekan. Hanya satu hari pemanah Banten latihan bersama yang tempat latihannya kerap berubah. Meski lebih sering berlatih di Lapangan Perpani Kota Tangerang, Kawasan Puspemkot, Kota Tangerang.

“Kami ingin atlet latihan bersama lebih banyak mulai Januari 2021, karena sulit mencari chemistry (keterkaitan) antar pemanah jika latihan mandiri. Kami ingin ada kebersamaan yang kuat antar pemanah meski panahan merupakan cabor individu, latihan bersama selain membuat atlet bersaing secara positif juga akan saling dukung saat latihan,” ujar Rita.

Meski telah memiliki lapangan latihan bersama di Lapangan Perpani Kota Tangerang, namun berdasarkan evaluasi yang dilakukan pelatih suasana latihan kurang mendukung konsentrasi dan fokus saat latihan. Hal tersebut lantaran latihan Pelatda PON kerap bersama dengan atlet pelajar dan klub panahan Kota Tangerang.

Untuk itu kata wanita yang juga Kepala UPT Samsat Cikande pihaknya sedang berusaha mencari tempat yang tetap untuk bisa atlet Pelatda panahan Banten berlatih lebih fokus dan konsentrasi. Salah satu tempat yang direkomendasikan pelatih panahan Banten adalah di Kabupaten Tangerang.

“Ada dua tempat yang kami usulkan yakni di Lapangan Panahan Kitri Bakti, Curug dan di kawasan Sport Center Kelapa Dua. Namun yang sudah pasti ada lapangannya adalah di Kitri Bakti,” jelas Daniel Harsoyo Pelatih Pelatda PON nomor recurve.

Pilihan di Kitri Bakti sendiri, diapungkan Daniel karena pihaknya berharap semua atlet panahan bisa diinapkan tak jauh dari lokasi latihan. Dan di kawasan Kitri Bakti yang merupakan tempat pendidikan dan latihan ASN Kabupaten Tangerang memiliki penginapan yang representatif.

“Dengan menginap pastinya fokus latihan akan lebih maksimal dan kebersamaan yang ingin dibangu pasti terjalin karena latihan dan tempat menginap jaraknya dekat,” harap Daniel.

Lebih jauh dikemukakan Rita keinginan melakukan latihan bersama lebih banyak karena pihaknya ingin target yang dicanangkan bisa tercapai di PON XX di Papua tahun depan. Dimana pihaknya ingin ada tambahan medali emas dibanding saat PON XIX/2016 di Jawa Barat yang meraih 1 medali emas.

“Saya dan pengurus akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi permintaan atlet dan pelatih, kami minta atlet dan pelatih fokusnya hanya berlatih dan berlatih soal lain biar kami pengurus yang melakukannya,” tuntas Rita. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here