Home TANGERANG HUB Dinkes Enggan Bangun RSU Baru, Dua Puskesmas Dijadikan RSU Tipe D

Dinkes Enggan Bangun RSU Baru, Dua Puskesmas Dijadikan RSU Tipe D

232
0
SHARE

TANGERANG – Kebutuhan rumah sakit umum (RSU) di Kota Tangerang sangat mendesak. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) enggan membangun RSU baru. Dinkes memilih cara lain dengan menjadikan dua puskesmas sebagai RSU tipe D. Rencananya tahun depan akan direalisasikan untuk menunjang pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Liza Puspitadewi mengatakan, untuk menunjang penanganan kesehatan akan ada dua rumah sakit tipe D yang akan disiapkan di wilayah Timur dan Barat Kota Tangerang.

“Rumah sakit tipe D akan mengembangkan puskesmas yang ada. Jadi dua lokasi Barat dan Timur bisa menangani masyarakat yang butuh penanganan kesehatan. Tidak perlu lagi datang ke RSUD Kota Tangerang, karena fasilitasnya akan dilengkapi,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di loby kantor Dinkes Kota Tangerang, Kamis (7/1).

Liza menambahkan, perubahan puskesmas menjadi RS tipe D membutuhkan detail engineering design (DED) terlebih dahulu. Karena itu, perubahan puskesmas menjadi rumah sakit tipe D baru bisa terlaksana tahun depan.

“Saat ini baru Puskesmas Jurumudi saja yang ada DED-nya, karena sudah kami kaji sebelumnya. Mungkin peningkatannya sendiri pada 2022 baru mulai, dan bisa melayani masyarakat untuk penanganan kesehatan,”paparnya.

Ia menjelaskan, Pemkot Tangerang tidak memiliki rencana membangun rumah sakit umum daerah ( RSUD) baru. Oleh karena itu, Dinkes Kota Tangerang akan mengubah puskesmas yang ada menjadi rumah sakit. Terpenting bisa melayani masyarakat.

“Jadi, memang kami tidak ada rencana membangun rumah sakit lagi, makanya kami akan menambah puskesmas yang diubah menjadi RS di barat dan timur. Saat ini yang dibutuhkan masyarkat adalah pelayanan kesehatannya, bukan bangunannya,”ungkapnya.

Liza menuturkan, rumah sakit yang ada saat ini sudah cukup untuk menangani masyarkaat, tetapi memang untuk yang tinggal di Barat dan Timur jarak RSUD dengan tempat tinggal masyarkat terbilang lumayan jauh.

“Kalau sudah ada di Barat dan Timur, masyarkat tidak perlu datang ke RSUD Kota Tangerang. Karena pastinya akan sama fasilitasnya antara kelas D dan RSUD yang saat ini ada,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here