Home TANGERANG HUB Puskesmas Perlu Banyak Fasilitas

Puskesmas Perlu Banyak Fasilitas

0
SHARE
Puskesmas Perlu Banyak Fasilitas
PERIKSA: Walikota Tangernag Arief R Wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi Baru untuk tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang terus meningkat, Selasa (12/1). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pemkot Tangerang berencana mengubah beberapa Puskesmas menjadi rumah sakit tipe D. Namun, diperlukan banyak fasilitas yang harus dilengkapi untuk mengubah status tersebut.

“Kita sedang mempersiapkan Puskesmas untuk jadi rumah sakit tipe D. Ada beberapa puskesmas yang akan disiapkan, salah satunya Puskesmas Jurumudi,”ujar Walikota Arief R Wismansyah saat ditemui Tangerang Ekspres di Puspemkot Tangerang, Selasa (12/1).

Walikota mengatakan, saat ini Pemkot Tangerang sedang berupaya memaksimalkan puskesmas yang ada di Kota Tangerang menjadi rumah sakit tipe D. Hal tersebut untuk menopang RSUD Kota Tangerang dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Arief menambahkan, fasilitas kesehatan seperti ruang ICU di RSUD Kota Tangerang saat ini ada 5 ruangan. Rencananya akan ditambah 5 lagi agar kedepan RSUD mempunyai ruang ICU 10 ruangan untuk membantu penanganan kesehatan masyarakat.

“Fasilitas seperti itu yang menjadi dasar penentu status tipe rumah sakit, jadi bukan hanya banyaknya tempat tidur. Mudah-mudahan penambahan ruang ICU bisa menambah fasilitas yang saat ini ada di RSUD Kota Tangerang,”paparnya.

Ia menjelaskan, saat ini Kota Tangerang sedang membutuhkan ruang isolasi sementara untuk para pasien Covid-19. Karena kebutuhan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 masih kurang dan akan ditambah lagi.

“Hotel Siti, Hotel Pakons, dan beberapa puskesmas serta rumah singgah sudah penuh. Saya kemarin melihat Puskesmas Batusari dan Puskesmas Jurumudi Baru untuk menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Setelahnya, bisa digunkan menjadi rumah sakit tipe D,”ungkapnya.

Arief meminta, masyarakat untuk tetap patuh dan taat kepada protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

“Setidaknya dengan menerapkan protokol kesehatan, kita terhindar dari virus. Mari bersama putus penyebaran Covid-19, karena itu salah satu cara agar Kota Tangerang bisa keluar dari zona merah,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here