Home TANGERANG HUB 30 Pasangan Isbat Nikah Virtual

30 Pasangan Isbat Nikah Virtual

0
SHARE
30 Pasangan Isbat Nikah Virtual
PERSIAPAN: Camat Larangan Marwan (tengah) memimpin rapat persiapan sidang isbat nikah dalam rangka menyambut HUT Kota Tangerang ke-28, Rabu (27/1). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Sebanyak 30 pasangan di wilayah Kecamatan Larangan mengikuti sidang isbat nikah yang dilakukan secara virtual.

Camat Larangan Marwan mengatakan, sidang isbat nikah tersebut untuk pasangan yang tidak mempunyai buku nikah. Pasangan tersebut akan dibantu dalam dokumen nikah yang dilakukan melalui sidang isbat nikah.

“Pasangan ini sudah kami data. Mereka memang tidak mempunyai buku nikah atau bisa dibilang nikah secara negara belum dilakukan, kami fasilitasi agar mereka punya dokumen resmi,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di aula Kecamatan Larangan, Rabu (27/1).

Marwan menambahkan, dari 30 pasangan ada dua yang saat ini masih terjadi masalah karena sebelumnya menikah tetapi tidak mempunyai surat cerai resmi yang dikeluarkan dari pengadilan agama.

“Dua pasangan ini masih dalam proses, kita maklum karena dulu tanpa ada surat cerai. Usai mereka juga sudah tua, jadi kita maklumi dan kita upayakan agar bisa ikut sidang isbat nikah,”paparnya.

Ia menjelaskan, mekanisme sidang isbat nikah virtual di Kecamatan Larangan sama dengan rapat virtual. Hanya saja ini acara akad nikah yang harus ada penghulu dan juga saksi sebagai syarat sah.

“Nanti penghulunya akan berbeda tempat, pasangan ini hadir di Kecamatan hanya ditemani saksi. Pihak keluarga tidak boleh mendampingi karena kondisi saat ini Kecamatan Larangan masih dalam zona merah,”ungkapnya.

Marwan menuturkan, sidang isbat nikah tersebut juga lengkap protokol kesehatan. Pasangan wajib menggunakan masker dan juga mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan sidang isbat nikah.

“Pastinya kita akan tetap melakukan penerapan protokol kesehatan, hal tersebut demi kemanan bersama. Apalagi, pasangan ini ada yang usianya tua jadi kita harus ketat dalam protokol kesehatan,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here