Home TANGERANG HUB Cegah Luapan Banjir Tol Serpong-Pondok Aren, Bangun Tandon di Samping Km 08

Cegah Luapan Banjir Tol Serpong-Pondok Aren, Bangun Tandon di Samping Km 08

0
SHARE
Cegah Luapan Banjir Tol Serpong-Pondok Aren Bangun Tandon di Samping Km 08
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Aries Kurniawan (tengah) memaparkan hasil rapat dengan pengelola tol Serpong-Pondok Aren terkait solusi banjir di Km 8. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Banjir di Km 08 Tol Serpong-Pondok Aren atau biasa disebut Tol BSD tengah menjadi sorotan. Sebab, banjir tersebut pun berdampak pada tiga wilayah di Jombang Kecamatan Ciputat yang ikut terendam banjir. Yakni RW 13 Kampung Gedong, RW 005 Kampung Cilalung dan RW 022 Puri Bintaro Indah.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, dirinya sudah melakukan tinjauan di beberapa titik bencana di Kota Tangsel. Di antaranya Perumahan Nusaloka, Perumahan Puri Bintaro Indah, Perumahan Serpong Park hingga Asrama Polisi.

Menurutnya, hujan panjang yang mengakibatkan beberapa titik banjir di Kota Tangsel membutuhkan penanganan dari Pemkot untuk menyurutkan banjir tersebut. “Kami sudah menindaklanjuti dengan penyedotan air dengan penyedot portable oleh Dinas Pekerjaan Umum. Sehingga dipastikan sudah surut,” ungkapnya, di Puspemkot Tangsel, Ciputat, kemarin (22/2).

Untuk titik banjir di Km 08, sambung Airin, hal tersebut menjadi kewenangan BSD Tol. Mulai dari proses penanganan dan pengkajian. Karena banjir disebabkan jebolnya pagar pembatas tol Km 08 dan air tersebut meluap ke Perum Puri Bintaro Indah.

“Kami sudah menampung aspirasi warga yang menginginkan perbaikan pagar pembatas dengan yang lebih kokoh,” ucapnya.

Airin menambahkan, penanganan banjir di lokasi itu nantinya juga akan dibuat tandon di samping tol. Tujuannya supaya air kali Cibenda tertampung di tandon tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel Aries Kurniawan menjelaskan, untuk penanganan banjir di Km 08 jalan Tol BSD pihaknya baru saja melakukan rapat dengan pengelola Tol BSD. Berdasarkan hasil rapat tersebut, nantinya akan dibangun tandon di samping jalan tol tersebut.

Untuk proses pembangunan tandon, lanjut Aries, saat ini masih menunggu rekomendasi teknis (rekomtek) dari Kementrian PUPR atau Direktorat Jenderal Bina Marga dan BBWSCC. “Mereka itu saat ini sudah dapat rekomtek tersebut, tinggal hanya administrasi, penetapannya kurang lebih nanti tinggal ke kementrian,” terangnya.

Rencananya tandon atau penampungan air yang akan dibangun seluas 6.020 meter persegi. Sekarang ini, Dinas PU Tangsel masih meminta kajian untuk rencana pembuatan tandon tersebut.

“Mereka rencananya akan buat itu. Ini hasil rapat dengan BSD Tol tapi masih di kaji. Bu wali pengen kita melakukan pengkajian apakah solusi yang dikasi oleh BSD Tol apakah relevan enggak dengan kepentingan masyarakat Tangsel. Apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak. Kita kan pengennya tuntas,” tegasnya. (mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here