Home TANGERANG HUB 4 Gudang Terbakar, Padam Dalam 5 Jam

4 Gudang Terbakar, Padam Dalam 5 Jam

0
SHARE
4 Gudang Terbakar, Padam Dalam 5 Jam
Empat gudang berisi di Kawasan Pantai Indah Dadap, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, terbakar Kamis (4/3), pagi. Petugas pemadam kebakaran butuh waktu 5 jam untuk memadamkan api.

KOSAMBI-Api melahap empat gudang di Kawasan Pantai Indah Dadap, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (4/3), pagi. Beberapa kali terdengar suara ledakan dari dalam gudang saat kobaran api membesar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi mulai sekitar pukul 07.00 WIB. Api berhasil dipadamkan pukul 12.00 WIB, atau 5 jam. Atap bangunan keempat gudang hangus tak tersisa.

Lima unit truk yang berada di PT KMA Plastik tak bisa diselamatkan. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Kosrudin mengatakan, diduga kebakaran akibat percikan api dari las dan bubut yang menyambar drum berisi bahan bakar.

“Awal, api bersumber dari gudang milik PT KMA Plastik. Kemudian api merembet ke gudang-gudang milik PT Wen Jaya dan Jiang Men Electronic. Total, ada 4 gudang penyimpanan perabotan rumah tangga yang ludes terbakar dari 3 perusahaan,” kata Kosrudin, kepada Tangerang Ekspres.

Empat gudang itu posisinya berdempetan. Sehingga saat satu gudang terbakar, dengan cepat menjalar ke gudang lainnya.

Kosrudin melanjutkan, insiden kebakaran terjadi mulai sekitar pukul 07.00 WIB. Sejumlah unit mobil pemadam kebakaran (damkar) sampai ke lokasi sekitar pukul 07.20 WIB.

Mobil damkar berasal dari Pos Damkar Kosambi, Pakuhaji, Mauk dan Markas Komando BPBD Kabupaten Tangerang. Kemudian dibantu mobil damkar dari kawasan gudang dan BPBD Kota Tangerang.

“Total 12 unit mobil damkar,” jelasnya, seraya menyebutkan si jago merah berhasil ditaklukan sekitar pukul 12.00 WIB. Kerugian ditaksir mencapai Rp5 miliar.

Kosrudin bersyukur tidak terdapat kendala berarti dalam upaya menjinakkan si jago merah. Air cukup. Akses jalan di kawasan cukup lebar. Hanya saja terkendala pada kepadatan kendaraan di Jalan Raya Teluknaga-Kosambi.

Di luar itu, Kosrudin menuturkan, bulan lalu, terjadi insiden yang sama di depan 4 gudang yang terbakar. Dengan begitu, ia berharap pemilik gudang menjaga keamanan gudang dalam upaya mencegah kebakaran. “Jadi, barang-barang yang memicu kebakaran harus diperhatikan,” pungkasnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here