Home TANGERANG HUB Belajar di Sekolah Bergantung Kondisi Covid

Belajar di Sekolah Bergantung Kondisi Covid

0
SHARE
Belajar di Sekolah Bergantung Kondisi Covid
Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang

KOTA TANGERANG-Pemkot Tangerang akan memutuskan pembelajaran tatap muka di sekolah, melihat situasi pandemi di Mei dan Juni. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu) sudah memberikan izin belajar di sekolah Juli mendatang. Namun, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, tidak bisa memprediksi kondisi pandemi Covid-19 yang bakal terjadi pada Juli mendatang.

Persiapan balajar tatap muka di sekolah, tetap dilakukan dari sekarang. Walaupun saat ini Kota Tangerang sudah masuk dalam zona kuning, akan tetapi bisa terjadi peningkatan lagi, jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Walaupun guru-guru sudah sudah dilakukan vaksinasi, belum bisa memastikan kapan jadwal belajar tatap muka digelar.

“Saya belum bisa bilang bulan Juli (belajar di sekolah dimulai). Itu empat bulan lagi. Dinamika kasus Covid seperti apa dalam beberapa waktu ke depan, kita belum bisa pastikan. Karena kita tidak tahu kapan pandemi ini usai,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres di Puspemkot Tangerang, Sabtu (6/3).

Arief menambahkan, Pemkot Tangerang sudah berencana menerapkan pembelajaran tatap muka di sekolah pada Januari lalu. Namun, hal tersebut terpaksa ditunda, karena angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 se-Banten mengalami peningkatan.

“Pada saat mau dilaksanakan di awal bulan Januari, kami sudah siap-siap, sudah segala macam, guru-guru sudah disosialisasikan. Eh.. kasusnya naik, jadi kita tunda,”paparnya.

Arief berharap, wacana tersebut tetap dapat terlaksana pada Juli mendatang. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menargetkan guru dan dosen sebagai penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua di Kota Tangerang.

“Maka, ada target dari pemerintah pusat, guru-guru dan dosen sudah divaksin sebelum sekolah tatap muka,”ungkapnya.

Arief menuturkan, herd immunity dapat segera terbentuk seiring dengan vaksinasi Covid-19 yang sedang dilakukan dan saat ini masih terus berjalan.

“Ya semoga bisa tatap muka. Kita berdoa, mudah-mudaha vaksin ini bisa membangun herd immunity secara maksimal. Tetapi, kita juga harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Karena itu adalah salah satu cara mudah untuk terhindar dari terpaparnya virus Corona,”katanya.

Sebelumnya, Kepala Dindik Kota Tangerang Jamaludin mengatakan, tinggal menunggu instruksi dari Kemendibud dan Pemkot Tangerang, untuk pelaksanaan belajar tatap muka. Jika sudah ada keputusan maka Kota Tangerang bisa menggelar belajar tatap muka.

“Saat ini kita masih menunggu keputusan, tetapi kita sudah mendapat lampu hijau dari kementerian untuk gelar belajar tatap muka pada Juli mendatang,”tuturnya.

Jamal menambahkan, Pemkot Tangerang masih mengkaji aturan belajar tatap muka kalau memang sudah ada keputusan pasti.

“Prinsipnya, kita akan siap membuka belajar tatap muka. Karena kita juga sudah melakukan persiapan sejak beberapa waktu lalu, jadi tidak terlalu sulit jika belajar tatap muka dimulai,” tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here