Home OLAHRAGA Jadwal Mundur, Minions Ganti Lawan

Jadwal Mundur, Minions Ganti Lawan

0
SHARE
Ganda putra Indonesia Kevin/Marcus melawati laga perdana All England dengan kemenangan.

Penyelenggaraan All England 2021 mengalami kendala. Sehari menjelang pertandingan, panitia pelaksana terpaksa melakukan penundaan start. Hal itu terjadi karena beberapa ofisial dan pemain sempat terindikasi positif virus SARS-Cov-2 pada Selasa lalu (16/3).
Indikasi awal diketahui dari asisten pelatih Denmark Thomas Stavngaard. Stavngaard dinyatakan positif saat tiba di Birmingham, Inggris. Kebetulan, dia dan seluruh pemain serta ofisial tim Denmark berada dalam satu pesawat serta bus yang sama.

Selain Stavngaard, ada tiga pemain dan satu staf India yang sempat positif. Untuk itu, BWF dan Asosiasi Bulu Tangkis Inggris melakukan tes ulang. Setelah proses pelaksanaan tes ulang Selasa lalu, semua dinyatakan negatif. Mereka tetap bisa berpartisipasi. ’’Sejumlah besar tes Covid-19 yang dilakukan tim peserta All England 2021 dianggap ’tidak meyakinkan’. Akibatnya, sampel diuji ulang,’’ tulis BWF dalam keterangan resminya.

Adanya tes ulang itu membuat jadwal pertandingan mundur. Semula pertandingan akan digelar pada pukul 10.00 waktu setempat (17.00 WIB). Akibat penundaan itu, pertandingan baru dimulai pukul 14.00 waktu setempat (21.00 WIB).

Dampaknya, jadwal laga wakil Merah Putih juga mengalami perubahan. Ya, setelah manager meeting kemarin, ada perubahan yang terjadi. Beberapa pemain mengundurkan diri. Hal ini membuat lawan pun berubah. Seperti yang terjadi pada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Semula, Marcus/Kevin akan melawan wakil Jerman, Jones Ralfy Jansen/Peter Kaesbauer. Karena ada perubahan, Jansen/Kaesbauer mengundurkan diri. The Minions kemudian melawan Matthew Clare/Ethan Van Leeuwen dari Inggris.

The Minions yang sempat vakum bertanding selama satu tahun butuh tiga set untuk melewati laga pertama tadi malam. Mereka menang dengan skor 21-12, 19-21, 21-9. Minions pun lolos ke babak kedua dan sudah ditunggu ganda Prancis Christo Popov/Toma Popov.

Di sisi lain, Greys/Apri langsung masuk ke babak kedua. Sebab, Kilasu Ostermeyer/Franziska Volkmann mengundurkan diri dan tidak ada pemain yang menggantikan posisi mereka itu.

Bidang Humas dan Media PP PBSI Felly Hartono menjelaskan, tes ulang hanya dilakukan kepada beberapa pemain dan ofisial yang terindikasi ’’Manager meeting ditunda Rabu (17/3) pukul 10.30 waktu Birmingham (17.30 WIB). Hal ini karena menunggu hasil swab PCR dari beberapa atlet atau pelatih tersebut,’’ kata Felly.

Skuad Merah Putih sudah melakukan tes pada Senin lalu (15/3). Hasilnya, semua pemain, pelatih, dan tim pendukung dinyatakan negatif. Mereka kemudian diizinkan menggunakan lapangan latihan dan berlatih di pusat kebugaran di Hotel Crowne Plaza Birmingham.

Protokol kesehatan yang diterapkan panitia cukup ketat. Pusat kebugaran yang memiliki kapasitas 20 orang hanya boleh diisi enam orang.

’’Ruang gym sebenarnya agak besar. Tapi, diberi jatah latihan enam orang saja untuk satu periode latihan yang durasinya 45 menit. Ada jatah 1 jam. Sisa 15 menit digunakan untuk sterilisasi tempat sebelum digunakan,’’ kata Kepala Sub Bidang Pengembangan Sport Science PP PBSI Iwan Hermawan. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here