Home TANGERANG HUB Kejar Target, 5 Hari Digelar Vaksinasi Massal

Kejar Target, 5 Hari Digelar Vaksinasi Massal

0
SHARE
Kejar Target, 5 Hari Digelar Vaksinasi Massal
Salah seorang pemilik tenant di ITC BSD Junction disuntik vaksin oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangsel, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Kesehatan Kota Tangsel menggelar vaksinasi massal selama lima dari 5-9 April mendatang. Vaksinasi dilakukan di BSD Junction dan ditujukan untuk pelayan publik dan pedagang.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany Senin (5/4) meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut. Menurutnya, dalam vaksinasi ada beberapa skenario yang dilakukan dalam rangka percepatan vaksinasi.

“Kita punya 69 fasilitas kesehatan (faskes) baik puskes dan swasta tapi, dalam satu sisi untuk percepatan kita juga kerjasama dengan swasta, yakni Alam Sutera untuk vaksinasi pedagang di pasar Alam Sutera. Hari ini (kemarin) selama lima hari target satu hari 2.000 orang divaksinasi dan kita kerjasmaa dengan BSD karena, disini ada ITC, ada Pasar Modern BSD dan lainnya,” ujarnya kepada wartawan, Senin (54).

Airin menambahkan, kerja sama dengan pihak swasta adalah salah satu cara melakukan percepatan vaksinasi cocid-19. “Inipun kita dorong bagaimana membuat strategi agar dilakukan percepatan, baik dengan vaksinasi massal dan dimasing-masing puskes juga melakukannya,” tambahnya.

Masih menurutnya, untuk lansia berdasarkan data dari Dukcapil yang ber-KTP Kota Tangsel yang sudah divaksinasi sekitar 73 persen. Tapi, ibu dua anak ini tahu bila masyarakat luar Kota Tangsel jumlahnya banyak yang tinggal di Tangsel.

“Jadi kita selalu diskusi dengan Kementerian Kesehatan jangan dilihat dari KTP saja tapi, berdasarkan tempat tinggalnya. Karena virus itu berdasarkan tempat tinggal dan bukan berdasarkan KTP,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, cakupan vaksinasi di Kota Tangsel dari 1,4 juta jiwa penduduk baru mencapai empat persen atau 40 ribu yang sudah divaksinasi covid-19.

“Kalau sasaran vaksinasi untuk lansia berdasarkan KTP itu ada 12.000-an dan sekarang kita sudah 16.000 dengan asusmsi mungkin ada lansia yang diluar Kota Tangsel tapi, kita fokuskan yang ber-KTP Tangsel dulu,” ujarnya.

Allin mengaku, bila berdasarkan cakupan data Dukcapil Kota Tangsel sudah melebihi karena, sasarannya 16.000 dan kini sudah tervaksinasi 12.000 orang. “Kalau yang empat persen dari sasaran usia 18-59 tahun jumlahnya ada 850 ribu, ditambah lansia, total 1,2 juta atau baru 60.000 orang yang sudah divaksinasi,” tuturnya.

Masih menurutnya, vaksinasi massal ynag dilakukna di BSD Junction ditujukam untuk pedagang pasar Serpong, pasar modern BSD, pelaku prawisata, hotel dan pelayanan publik lainnya. “Orang yang divaksinasi ini datanya melalui OPD terkait, pelaku pariwisata dikoordinir dinas pariwisata dan lainnya,” jelasnya.

Vaksinasi massal diadakan dari 5-9 April dan tiap hari ditarget ada 2.000 orang yang divaksinasi, artinya dalam lima hari ditarget ada sekitar 10.000 orang divaksinasi. “Kalau masyarakat umum baru akan divaksinasi pada tahap empat karena, pada tahap tiga mendatang sasarannya masih masyarakat rentan. Vaksinasi tahap tiga dimulai Mei-Juni, dan tahap empat dimulai sekitar Agustus,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here