Home TANGERANG HUB Stok Vaksin Tinggal 12 Ribu Dosis

Stok Vaksin Tinggal 12 Ribu Dosis

0
SHARE
Stok Vaksin Tinggal 12 Ribu Dosis
Pemkab Tangerang sedang fokus vaksinasi terhadap pedagang pasar dan lansia.

TIGARAKSA-Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang terus menggeber vaksinasi kepada warga prioritas. Mulai dari pelayan publik hingga lansia. Hingga hari ini jumlah vaksin tinggal tersisa 12 ribu dosis. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Achmad Muchlis mengatakan, pengiriman vaksin periode pertama sebanyak 74 ribu sesuai dengan jumlah sasaran. Ia menuturkan, ada tiga kelompok warga prioritas yakni tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia.

“Vaksin kita sesuai dengan sasaran, di mana sasaran kita 74 ribu sudah terpakai 62 ribu. Sisanya, sedang digunakan untuk vaksinasi ,” katanya kepada Tangerang Ekspres ketika ditanyai melalui sambungan seluler, Selasa (6/4). Ia menjelaskan, untuk pengiriman kembali dari Provinsi Banten dilakukan jika persediaan vaksin sudah habis. Menurutnya, untuk stok vaksin akan habis diperkirakan pada Sabtu (10/4). Pengiriman dari provinsi pada awal pekan depan. “Jadi kalau belum habis, belum dikirim dari provinsi.

Kemungkinan Sabtu atau Senin pekan depan. Jadi ketika kita mendapat kiriman vaksin itu sudah jelas sasarannya. Tinggal kita distribusikan. Kita mengajukan banyak, tetapi disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada di provinsi,” imbunya.

Lanjutnya, untuk penyuntikan vaksin disesuaikan dengan ketersediaan. Di mana dalam sehari bisa dua hingga tiga ribu dosis dengan vaksinator sekira 300 orang. “Kalau serempak vaksinasi di rumah sakit, puskesmas hingga pusat keramaian, sehari kita menyuntikkan 15 ribu dosis. Untuk sekarang sesuai dengan ketersediaan vaksin dan belum serempak,” jelasnya.

Muchlis menuturkan, vaksin yang sekarang tersedia sudah terjadwal distibusinya. Ia menuturkan, penyuntikan lebih banyak digelar di sentra vaksinasi. Seperti Qubiq Mall, Supermall Karawaci, Paramount. Adapun, sentra vaksinasi yang masuk penyuntikan tahap kedua yakni di Kampus Atmajaya, Maxx Box Lippo Karawaci dan ICE BSD.

“Sekarang vaksinasi pedagang pasar, kemudian karyawan hotel di tempat wisata,” paparnya. Ia menuturkan, untuk tenaga kesehatan sudah 100 persen mendapat suntikan vaksin Covid-19 dan untuk kelompok pelayan publik dan lansia masih belum keseluruhan. “Petugas publik itu banyak seperti TNI, Polri, ASN hingga guru. Elemen itu juga belum semuanya baru sebagian. Kita fokus ke lansia,” sebutnya.

Seperti diketahui, selain lansia, vaksinasi juga sudah menyasar pedagang di pasar tradisional. Pelaksanaan vaksinasi berlokasi di Kantor Bersama Agama, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, dua pekan lalu. Camat Curug Supriyadi mengatakan vaksinasi yang diperuntukan kepada pedagang pasar ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. “Vaksinasi untuk pedagang pasar di Kecamatan Curug sebanyak 490 dosis vaksin,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Curug drg. Tohiroh menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksinasi membuat tiga tim. Tim itu terdiri dari Puskesmas Curug yang dibantu oleh Puskesmas Binong dan dari Rumah Sakit Keluarga Kita. “Untuk pedagang yang memiliki penyakit kronis ada batasnya, seperti hipertensi boleh di vaksin dengan tensi di bawah 180/100, itu boleh di vaksinasi,” pungkasnya.

Kepala Pasar Curug, Indah menerangkan, pemberian vaksin untuk di wilayah Curug ini mendapatkan respons dan antusias yang baik dari para pedagang pasar. Indah berharap, kegiatan vaksinasi untuk para pedagang pasar ini diadakan bukan hanya di Pasar Curug saja. Tetapi di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Tangerang. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here