Home TANGERANG HUB Selama Ramadan PMI Jemput Pendonor

Selama Ramadan PMI Jemput Pendonor

0
SHARE
Selama Ramadan PMI Jemput Pendonor
JEMPUT PENDONOR: PMI Kota Tangerang jemput Pendonor di tempat ibadah dan tempat umum untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama Ramadan, Kamis (8/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama ramadan, PMI Kota Tangerang akan jemput pendonor.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansah mengatatakan, selama ramadan PMI Kota Tangerang akan mendatangi rumah ibadah dan juga tempat umum untuk mengajak masyarakat mendonorkan darahnya. Karena, selama ramadan kekurangan stok darah pasti terjadi lantaran minimnya pendonor.

“Selama ramadan, akan ada penurunan pendonor sebesar 70 persen. Untuk antisipasi, kita akan datangi rumah ibadah seperti gereja, masjid, dan juga tempat umum untuk mengajak berdonor,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Markas PMI Kota Tangerang, Kamis (8/4).

Oman menambahkan, target stok darah selama ramadan sebesar 10 ribu kantong darah, saat ini stok darahnya hanya ada 4.000 kantong. “Kita akan menggunakan sistem Obor, satu orang pendonor mengajak satu orang lagi dan seterusnya. Cara tersebut, optimis bisa menyediakan stock darah. Karena, selama ramadan permintaan darah juga pasti akan tinggi,”paparnya.

Ia menjelaskan, selama ramadan PMI akan juga akan menurunkan 5 unit tim untuk menyebar membuka donor darah di masjid setelah tarawih. Tim tersebut, akan standby di masjid untuk mengajak jamaah mendonorkan darahnya.

“Jadi, tim ini akan berkoordinasi dengan DKM masjid dan juga RT serta RW setempat untuk mengajak masyarakat melakukan donor darah seusai salat tarawih. Kalau siang hari, memang sangat sedikit makanya kita kejar usai salat tarawih,”ungkapnya.

Oman menuturkan, bagi masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI juga terus menyediakan donor Plasma Konvalesen. Donor ini, di khususkan bagi masyarakat yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan yang akan diambil plasmanya untuk penawar pasien yang masih terpapar virus corona.

“Untuk plasma Konvalesen, dikhususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah 5 Minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilakan untuk melakukan donor plasma Konvalesen,” tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here