Home TANGERANG HUB Ayam Mengandung Formalin Ditemukan

Ayam Mengandung Formalin Ditemukan

0
SHARE
PENGECEKAN : Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, menemukan formalin pada daging ayam potong yang di jual pedagang Pasar Anyar, Selasa (13/4). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang melakukan pengecekan bahan makanan yang dijual di Pasar Anyar. Hasilnya, ditemukan zat formalin pada ayam potong yang dijual pedagang di pasar tersebut.
Saat disidak pedagang mengaku tidak menggunakan formalin. Tetapi setelah diuji sampel diketahui positif mengandung zat formalin.

Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, pedagang tersebut saat ini melarikan diri, setelah tahu bahwa dagangannya mengandung formalin.

“Kita ambil sampel, setelah dinyatakan ada formalin kita datangi kembali bersama polisi. Tetapi, pedagang tersebut melarikan diri. Staf saya sudah mengirim surat peringatan, dan akan menemukan pedagang tersebut,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Puspemkot Tangerang, Selasa (13/4).

Abduh menambahkan, tidak hanya daging ayam saja, usus ayam, dan kulit ayam juga mengandung formalin. Formalin sangat berbahaya jika di konsumsi, maka itu akan dilakukan operasi ke seluruh pedagang untuk mengetahui apakah masih ada yang menjual bahan makanan mengandung formalin.

“Masyarakat banyak yang tidak tahu, mereka tertarik karena bahan makanan yang mengandung formalin di jual murah. Untuk itu, masyarakat harus tetap waspada,”paparnya.

Ia menjelaskan, penemuan bahan makanan yang mengandung formalin tidak hanya sekali saja, melainkan sering ditemukan di Pasar Anyar. Makanya, selalu dilakukan pengawasan terhadap para pedagang.

“Kami sering menemukan, jika ditemukan maka kita berikan peringatan dengan memberikan surat dan memanggilnya untuk memberikan efek jera. Kami juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk memproses secara hukum karena formalin dilarang dan bahan yang sangat berbahaya,”ungkapnya.

Abduh menuturkan, para pedagang yang menjual bahan makanannya dengan formalin akan dilakukan pemantauan khusus. Hal tersebut, untuk memastikan bahwa mereka tidak berjualan lagi dengan bahan fromalin.

“Jika masih nekat, akan ada penutupan lapak secara permanen. Mereka juga akan dibawa ke pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here