Home OLAHRAGA Pelatcab Futsal Putri Kab. Tangerang, Benahi Fisik dan Kemampuan Dasar

Pelatcab Futsal Putri Kab. Tangerang, Benahi Fisik dan Kemampuan Dasar

0
SHARE
STANDAR: Pemain futsal putri Kabupaten Tangerang terus dilatih agar bisa memiliki kemampuan yang optimal. FOTO: Ist

STATUS juara cabor futsal putri pada Porprov V tahun 2018 yang diraih tim futsal putri Kabupaten Tangerang coba dipertahankan pada pelaksanaan Porprov VI tahun 2022 di Kota Tangerang. Setelah melakukan seleksi yang diikuti 160 pemain dan hingga saat ini tersisa 25 pemain, latihan telah dimulai dengan melakukan tahap persiapan umum.

Dimana ke-25 pemain dibawah arahan pelatih Gealdy Nianda menjalani latihan fisik yang mengutamakan latihan untuk meningkatkan endurance (daya tahan) dan stregth (kekuatan). Saat ini pemain Kabupaten Tangerang menjalani latihan fisik tersebut seminggu dua kali.

“Kita masih menjalani tahap persiapan umum, karena secara fisik kemampuan pemain masih belum memenuhi standar yang kami inginkan. Fisik pemain futsal putri standar VO2Maks nya itu 45, sementara kita masih diangka 33 masih butuh latihan ekstra untuk bisa sampai disana dan itu kita lakukan bertahap,” ucap Gealdy.

Hanya saja untuk bisa merubah kondisi tersebut, diungkap Gealdy pihaknya juga menghadapi kendala terkait kehadiran pemain yang dalam satu sesi latihan tidak selalu lengkap. Pemain masih belum komplit 100 persen saat latihan karena masih terkendala masalah pendidikan dan pekerjaan.

Diluar peningkatan daya tahan dan kekuatan, Gealdy menyatakan pihaknya juga tengah membenahi kemampuan dasar pemain dalam hal teknik. Dimana teknik dasar pemain futsal putri Kabupaten Tangerang masih belum merata.

“Terutama dalam hal koordinasi kaki dan tangan saat berlari, teknik ini penting dalam futsal agar pemain memiliki kelincahan dan kecepatan saat bermain. Pemain kita beri materi latihan agility leader,” ungkap Gealdy.

Selebihnya Gealdy menyatakan untuk latihan fisik yang dijalani saat ini dirinya belum bisa melakukan sesuai program yang ingin diterapkan lantaran keterbatasan fasilitas latihan yang ada, terutama lapangan latihan. Sejauh ini latihan hanya dilakukan di pelataran GOR Indoor Stadium Sport Center Kelapa Dua.

“Kami belum bisa latihan fisik dengan bola karena kami belum bisa berlatih di GOR Indoor, kami berharap setelah lebaran kami bisa melakukan latihan di GOR Indoor Stadium agar lebih komplit materi latihannya,” tukasnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here