Home OLAHRAGA Pelatnas Tinju SEA Games, Banten Jadi Venue Tim Putih

Pelatnas Tinju SEA Games, Banten Jadi Venue Tim Putih

0
SHARE
RESMI: Ketua Pertina Pusat Komarudin Simanjuntak (keempat dari kiri) serahkan menyerahkan SK Pelatnas Tim Putih kepada pelatih. FOTO: Ist

PROVINSI Banten mendapat kesempatan untuk menjadi lokasi pelatihan nasional (Pelatnas) cabang tinju selama 6 bulan ke depan. Pelatnas tinju digelar sebagai persiapan menghadapi SEA Games ke-31, di Hanoi, Vietnam, 21 November hingga 2 Desember 2021. Indonesia sendiri menargetkan bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya.

Ketua Pertina Pusat Komarudin Simanjuntak mengatakan setelah melakukan seleksi, pihaknya mendapatkan 22 atlet tinju baik putra maupun putri. Atlet yang lolos untuk mengikuti pelatnas ini akan menjalani pelatihan ketat di bawah pengawasan pelatih. Mereka bakal diseleksi ulang dan nantinya yang terbaik akan dikirim ke Vietnam.

“Untuk lokasi Pelatnas ada dua yakni di Kota Serang, Banten dan satu lagi di Batam. Pemilihan dua lokasi ini hasil rapat pengurus,” jelasnya.

Pelatnas ini terdiri dari dua tim yakni tim merah dan tim putih. Satu tim beranggotakan 11 atlet tinju. Atlet yang menjalani pelatnas di Kota Serang yakni berasal dari Jawa Barat, Papua Barat, DKI Jakarta, Lampung, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Mereka hasil seleksi kami. Kami tetap melakukan pelatihan ketat dan berharap kemampuan mereka terus meningkat sehingga bisa berprestasi,” ujar dia.

Selama menjalani Pelatnas, ia berpesan agar pelatih memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan atlet. Ia berharap tidak ada laporan yang dimanipulasi. Sebab ia menginginkan petinju terbaik nantinya yang membela Indonesia dan bisa meraih medali di SEA Games nantinya.

“Saya minta pelatih terus melakukan pemantauan. Atlet juga harus kerja keras untuk bisa mengharumkan nama Indonesia nantinya di di Vietnam,” imbuhnya.

Ketua Pertina Banten Verry Yugangga mengatakan, dirinya bangga Banten ditunjuk sebagai venue Pelatnas untuk SEA Games. Ia berharap ini bisa memacu atlet PON Banten untuk berprestasi nantinya sebab mereka bisa mencontoh pola pelatihan yang dilakukan atlet tinju nasional.

“Kami bisa mengadopsi pola latihan atlet pelatnas dan belajar dari pelatih nasional terkait metode latihan atau hal lainnya untuk mendongkrak penampilan dan stamina petinju Banten jelang PON Papua. Selain itu jika suatu saat bertemu petinju tersebut di PON Papua kami sudah punya gambaran untuk menyiapkan strategi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekum KONI Banten Sutaryono mengapresiasi PP Pertina menunjuk Banten sebagai venue pelatnas. Ia berharap atlet tinju Banten belajar dari atlet nasional agar kemampuan mereka nantinya meningkat. “Ini kesempatan yang bagus bagi pelatih maupun atlet tinju Banten karena mereka bisa menimba ilmu dari atlet nasional. Harapan kami nantinya ada atlet tinju dari Bnten yang berprestasi seperti Cris Jhon, Ellyas Pical, dan petinju lainnya,” tutup dia. (hendra/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here