Home TANGERANG HUB Sidata Percepat Perbaikan Infrastruktur

Sidata Percepat Perbaikan Infrastruktur

0
SHARE
Sidata Percepat Perbaikan Infrastruktur
PERBAIKAN : Dinas PUPR Kota Tangerang, gunakan aplikasi Sidata untuk mendata jalan rusak yang ada di Kota Tangerang. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang punya terobosan untuk merespon laporan infrastruktur yang rusak. Terobosan itu melalui aplikasi Sidata.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo mengatatakan, aplikasi Sidata untuk merespon adanya jalan rusak yang di laporkan Kecamatan dan Kelurahan.
Seperti jalan, jembatan, dan drainase di Kota Tangerang.

“Melalui aplikasi Sidata, masyarakat bisa melaporkan adanya jalan rusak, jembatan rusak, dan drainase rusak agar bisa langsung dilakukan perbaikan dengan cepat. Adanya aplikasi tersebut untuk membantu keluhan masyarakat terkait infrastruktur,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Puspemkot Tangerang, Selasa (27/4).

Decky menambahkan, aplikasi Sidata digunakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, untuk mengumpulkan data-data dalam satu sistem informasi. Bahkan, aplikasi ini akan mendeteksi Infrastruktur yang rusak menjadi prioritas perbaikan.

“Sebelumnya, aplikasi SiData digunakan untuk mendata penerima bantuan sosial dan juga untuk memverifikasi data-data UMKM. Sekarang ini, fitur baru yang ada di Sidata untuk mengidentifikasi kerusakan infrastruktur di Kota Tangerang,”paparnya.

Ia menjelaskan, masing-masing wilayah dapat melaporkan kerusakan jalan, drainase, jembatan dan lain sebagainya. Masyarakat tidak perlu melaporkan ke Kecamatan atau ke kelurahan mengenai Infrastruktur yang rusak, adanya laporan tersebut bisa langsung dilacak dan di lakukan perbaikan segera.

“Khusus untuk saat ini, yang bisa mengakses fitur baru dari SiData adalah teman-teman dari kecamatan dan kelurahan. Karena kecamatan dan kelurahan sering mendapatkan keluhan dari masyarakat, atas kerusakan-kerusakan infrastruktur yang ada,” tambah Decky.

Diharapkan dengan adanya aplikasi SiData, Dinas PUPR dapat terbantu dalam melakukan simulasi perbaikan kerusakan jalan, serta menentukan strategi dan prioritas saat melakukan perbaikan tersebut.

“Dengan adanya SiData ini, kerusakan-kerusakan infrastruktur yang ada bisa dicatat dan dipantau langsung progresnya. Sehingga, yang diusulkan oleh masyarakat tidak hilang begitu saja. Kita akan bisa melihat dengan jelas, mana saja yang menjadi prioritas,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here