Home TANGERANG HUB Dinsos Pantau Data Penerima BST

Dinsos Pantau Data Penerima BST

95
0
SHARE

TANGERANG – Dinas Sosial (Dinsos) masih melanjutkan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga Kota Tangerang penerima bantuan.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan, pengusulan data ke Kemensos jumlah penerima BST 2021 mencapai 250.277 penerima. Namun, dalam realisasinya angkanya lebih rendah. BST yang tersalurkan pada tahap satu sebanyak 140.633 peserta, tahap dua mencapai 142.604 peserta, serta pada tahap tiga dan empat sebanyak 123.629 peserta.

“Untuk realisasinya Dinsos Kota Tangerang mengikuti data yang turun, dan uang yang cair melalui penyalur yaitu PT Pos Indonesia dari Kementerian Sosial. Masing-masing peserta BST menerima Rp300 ribu per bulan selama empat bulan,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di ruang kerjanya, Senin (3/5).

Suli menambahkan, Dinsos juga menyalurkan bansos logistik dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Jumlah warga yang tercatat menerima bantuan tersebut, sebanyak 3.400 jiwa yang dibagi dalam enam kategori penerima bansos.

“Yang disalurkan berupa sembako, mulai dari beras, minyak goreng, sarden kaleng, susu full cream, hingga biskuit. Semua kami salurkan langsung ke rumah-rumah penerima berdasarkan jajaran kecamatan dan kelurahan,”paparnya.

Ia menjelaskan, bansos yang disebarkan ke 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Rincian tersebut diantaranya 24.250 kilogram beras, 7.100 liter minyak goreng, 7.100 kaleng sarden, 4.550 dus susu full cream, dan 2.300 bungkus biskuit.

“Bansos yang disalurkan bisa dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan logistik masyarakat yang menerimanya, apalagi di tengah pandemi Covid-19 masyarakat sangat membutuhkan bantuan tersebut,”ungkapnya.

Suli menuturkan, Dinsos akan terus melakukan pemantauan terhadap data masyarakat yang sudah ada, jangan sampai ada data masyarakat yang hilang kembali. Karena sesuai aturan, data penerima BST dari Kota Tangerang sudah sesuai.

“Semoga tidak ada data yang hilang, kita akan pantau data penerima BST. Walaupun saat ini BST sudah tidak ada, kita bantu melalui bantuan logistik agar masyarakat yang terdampak Covid-19 bisa terbantu,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here