Home TANGERANG HUB Tularkan Ilmu Administrasi Keuangan, Unpam Gelar Workshop di SMP Islam Al Hasyimiyah

Tularkan Ilmu Administrasi Keuangan, Unpam Gelar Workshop di SMP Islam Al Hasyimiyah

0
SHARE
Tularkan Ilmu Administrasi Keuangan Unpam Gelar Workshop di SMP Islam Al Hasyimiyah
Screenshoot kegiatan workshop yang digelar daring oleh mahasiswa S2 Unpam. FOTO: Dok. UNPAM for Tangerang Ekspres

BOGOR-Mahasiswa program studi Magister Komputer Universitas Pamulang (Unpam) menggelar workshop tata kelola administrasi keuangan di di SMP Islam Al Hasyimiyah, Kp. Panjang Desa Wawa Panjang Kec. Bojong Gede Kab. Bogor Jawa Barat, Senin (5/4) lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Mahasiswa yang terdiri dari Khoirul Bahri, Salahudin Zahari, Andi Kusworo, menggelar acara dengan panduan dari dosen pendamping Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng dan Dr. Tukiyat, M.Si.

Adapun tujuan dari PKM ini adalah untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dari hasil kegiatan ini adalah perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada tata usaha sekolah, khususnya pada peserta workshop tata kelola adminstrasi keuangan sekolah secara online pada sekolah SMP Islam Al Hasyimiyah dalam mengoptimalkan kemampuan menggunakan teknologi informasi (komputer, aplikasi dan internet) dalam meningkatan penyediaan informasi secara cepat kepada yayasan di masa pandemi covid 19.

“Tujuan dari workshop ini adalah menyiapkan sebuah aplikasi secara online dengan menggunakan googleform. Manfaat dari aplikasi ini nantinya dapat diterapkan saat terjadi transaksi penerimaan uang dengan menggunakan handphone atau laptop, sehingga yayasan atau pimpinan dapat melihat secara real time, cepat, dan akurat. Disarankan untuk kedepanannya untuk membuat aplikasi berbasis web,” kata dosen pembimbing.

Salah satu metode yang dilakukan adalah menerangkan rancangan sebuah sistem aplikasi oleh Salahudin Zahari. Fase pertama adalah menjajaki kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh SMP Islam Al Hasyimiyah yaitu sebuah kebutuhan aplikasi untuk menggantikan proses manual.

“Kita akan membuat sebuah layar masukan data atau dalam Bahasa IT disebut mockup user interface yang fungsinya untuk memasukkan data ke dalam sistem, dan keluarannya dapat dilihat dalam bentuk worksheet,” kata Salahudin.

Untuk membuat tools suatu aplikasi disini ada dua cara, yaitu menggunakan googleform dan web aplikasi. Googleform mudah sekali digunakan meskipun orang itu tidak mempunyai latar belakang pendidikan komputer. “Tetapi untuk web aplikasi dibutuhkan latar belakang programming karena nantinya untuk membuat aplikasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan MySQL,” imbuhnya.

Sementara, Khoirul Bahri yang menyampaikan materi Pengenalan Aplikasi Keuangan Sekolah menyatakan, ia menyampaikan materi tentang cara membuat aplikasi keuangan dengan googleform. Tampilan pertama atau menu inputan pertama kita akan membuat tanggal, jadi nanti bisa diisi sesuai tanggal berapa dilakukan pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here