Home PENDIDIKAN Mahasiswa Unpam Gelar Seminar GNS3

Mahasiswa Unpam Gelar Seminar GNS3

0
SHARE
FOTO: Dok. Net

PAMULANG-Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) menggelar seminar singkat “Perancangan dan Simulasi Jaringan Komputer dengan GNS3 bagi Guru Produktif Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)”. Kegiatan ini, digelar sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di kampus tersebut.

Untuk diketahui, GNS3 adalah aplikasi simulator jaringan (Graphic Simulator Network) berbasis GUI yang di rilis pada tahun 2008. Dengan GNS3 kita bisa mensimulasikan perangkat asli baik dengan bantuan emulator ataupun teknologi virtualisasi. Salah satu teknologi emulator yaitu dynamips, yang digunakan untuk mensimulasikan Cisco IOS.
Komponen dari GNS3 Dynamips; mensimulaikan IOS router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real. Berjalan di sistem operasi seperti linux dan windows

Sebelum kegiatan yang dilakukan dengan daring ini digelar, para mahasiswa memberikan flayer pada group wa komunitas guru TKJ untuk mengisi registrasi pada google form jika ingin ikut serta dalam kegiatan ini. Tepatnya pada Sabtu tanggal 17 April 2021.

Acara dilanjutkan dengan kata pembukan dari dosen pembimbing 1 dan kata sambutan dari salah satu anggota kelompok mahasiswa PKM, setelah itu dilanjutkan pada presentasi materi mengenai GNS3 dan dilanjutkan dengan Demo aplikasi tersebut. Setelah itu diadakan tanya jawab dengan memberikan doorprize pada peserta yang dianggap aktif berpartisipasi, lalu ditutup dengan kata penutup dari dosen pembimbing 2 dan ketua kelompok mahasiswa PKM.

Dalam kegiatan ini, ada tiga mahasiswa yang terlibat langsung sebagai pelaksana. Yaitu Ubedilah, Frans Andrew Sinaga dan Aji Kusuma. Ketiga mahasiswa ini dibimbing langsung dosen mereka yakni Dr Abu Khalid Rivai dan Dr. Arya Adhyaksa Waskita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here