Home TANGERANG HUB Bersatu Bela Palestina

Bersatu Bela Palestina

0
SHARE

Warga Kota Tangerang Donasi Puluhan Juta Rupiah

TANGERANG – Aksi bela Palestina secara flashmob yang digelar Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) bersama elemen masyarakat Kota Tangerang termasuk pelajar di sepanjang Jalan KH Hasyim Ashary, Kecamatan Cipondoh, Kamis (20/5). Mereka mengecam agresi militer Israel di wilayah Baitul Maqdis dan meminta pemerintah Indonesia terus berperan aktif mendukung perjuangan rakyat Palestina.

“Kami mengecam sekaligus mengutuk penyerangan militer Israel di wilayah Baitul Maqdis,” ungkap Wiyono, selaku koordinator Aksi.

Berdasarkan pantauan, aksi dukungan terhadap Palestina ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto dan Tengku Iwan Jayasyah Putra serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Aksi ini dilakukan dengan cara berjalan kaki dan konvoi sepanjang Jalan KH Hasyim Ashari yang didominasi pengendara motor dengan membawa poster yang mengungkapkan kepeduliannya terhadap Palestina. Salah satunya bertuliskan, ‘Kamu tak harus menjadi Islam untuk peduli terhadap Palestina, kamu hanya perlu menjadi manusia’.

“Kami minta Pemerintah Indonesia untuk terus berperan aktif dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina serta memfasilitasi masyarakat indonesia yang memberikan bantuan untuk masyarakat Palestina,” ujar Wiyono.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto tengah berorasi diatas mobil komando saat aksi bela Palestina di sepanjang Jalan KH Hasyim Asyhari, Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (20/5/2021).

Senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Menurutnya sesuai UUD 1945 alinea pertama bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan. Maka pemerintah Indonesia mendorong sepenuhnya untuk kemerdekaan rakyat Palestina.

Turidi menjelaskan, sikap pemerintah Indonesia sudah jelas melalui Menteri luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan kemerdekaan Palestina harus diwujudkan. Pihaknya juga bersama masyarakat Kota Tangerang mendukung kemerdekaan negara Palestina dengan melakukan aksi kemanusiaan dan penggalangan dana sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina.

“Peran tokoh Palestina atas kemerdekaan Indonesia tidak bisa dilupakan, untuk itu pemerintah Indonesia berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina seperti yang dinyatakan melalui Menlu,” tandas politisi Partai Gerindra.

Dalam penggalangan donasi, kata Turidi, DPRD juga turut berpartisipasi memberikan sumbangan sebesar Rp 5 juta. “sebagai perwakilan dari DPRD saya bersama Pak Tengku Iwan memberikan sumbangan sebesar Rp 5 juta untuk masyarakat Palestina,” ungkapnya.

Pengurus Sahabat Palestina Memanggil (SPM), Amrozi menyatakan, dalam aksi bela Palestina ini pihaknya berhasil mengumpulkan donasi dari masyarakat Kota Tangerang puluhan juta rupiah.

“Sampai saat ini sekitar Rp 35 juta. Insya Allah masih terus bertambah, karena acara masih berjalan,” kata Amrozi.

Diketahui, sejumlah negara mengutuk Agresi Israel melakukan penyerangan di wilayah Baitul Maqdis upaya pengusiran terhadap warga Palestina. Kekejaman militer Isreal telah memakan ratusan korban jiwa. Dalam sepekan terakhir, serangan udara Israel secara besar-besaran telah menewaskan total 213 warga Palestina, termasuk 61 anak-anak. Lebih dari 1.400 orang terluka di Gaza selama seminggu terakhir. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here