Home TANGERANG HUB GoSiaga Banyak Aduan Soal Asmara

GoSiaga Banyak Aduan Soal Asmara

0
SHARE
Kapolsek Tangerang, Kompol Yulies bersama tim saat berkunjung ke DPRD Kota Tangerang guna menyosialisasikan aplikasi GpSiaga, Rabu (2/6/2021). Foto : Abdul Aziz Muslim/Tangerang Ekspres

KOTA TANGERANG – Aplikasi GoSiaga yang diluncurkan Polsek Benteng untuk mendapatkan layanan kepolisian secara daring sudah berjalan selama 2 bulan. Kapolsek Tangerang, Kompol Yulies mengatakan, masyarakat khususnya berada di wilayah hukum Polsek Tangerang bisa langsung mengunduh aplikasi GoSiaga melalui Playstore di handphone. “Sudah dua ribuan respon masyarakat yang menginstal GoSiaga,” ungkapnya.

Selama dioperasikan GoSiaga 2 bulan lalu, kata Yulies, setidaknya sudah mendapat sekirat 200 lebih aduan. Bahkan banyak masyarakat yang konsultasi soal asmara. Semisal, mengatasi hubungan percintaan yang sudah tak sehat.

“Ada yang konsultasi terkait asmara. Ditinggalin pasangan, itu juga ada, lucu aja,” kata Kompol Yulies usai melakukan diskusi dengan Ketua DPRD Kota Tangerang gatot Wibowo, Rabu (2/6).

Ia juga menuturkan adanya laporan terkait hak asuk anak setelah menjalani proses perceraian. Namun meski hanya sekedar konsultasi pihaknya tetap melayani aduan masyarakat dengan memberikan masukan. “Jarang orang yang konsul kayak indak pidananya. Misalnya Konsul perceraian anaknya gimana,” kata Yulies.

Yulies menjelaskan, apabila adanya aduan masyarakat tersebut ingin menyelesaikan secara hukum Pidana, pihaknya langsung mengarahkan ke Mapolsek Tangerang untuk membuat laporan.

Namun, terkait berkas-berkas kehilangan masyarakat bisa langsung dilayani melalui GoSiaga. Seperti kehilangan buku tabungan, KTP dan buku nikah dan data administrasi lainnya. Dalam aplikasi GoSiaga itu pihaknya menyediakan form yang harus diisi oleh pelapor. Kemudian operator melakukan verifikasi sesuai identitas pelapor tersebut dan dapat langsung di cetak

. “Nanti kalau oke kita kirim kan surat kehilangannya melalui email. Dia tinggal print aja. Prosesnya 10 menit,” tutur Yulies.

Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo mengapresiasi program yang diusung kepolisian tersebut. Inovasi ini mempermudah layanan masyarakat tanpa harus datang ke Mapolsek Tangerang. Apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi.

“Kita minta disinergikan dengan pemerintah di Tangerang Live. Jadi masyarakat sampai dengan paling bawah tingkat RT tau adanya aplikasi GoSiaga ini,” katanya. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here