Home Uncategorized Tangerang Punya 1.000 Relawan Satgas Covid

Tangerang Punya 1.000 Relawan Satgas Covid

0
SHARE
RELAWAN: Wakil Walikota Tangerang Sachrudin bersama Walikota Tangerang Selatan Benyamin Devine membuka pelatihan satgas Covid-19 di Novotel Tangerang, Senin (7/6).

TANGERANG – Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar kegiatan peningkatan Kapasitas Relawan Satuan Tugas Covid-19 se -Tangerang Raya yang digelar di Novotel Tangerang selama 5 hari kedepan.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin dan Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie hadir membuka kegiatan yang diikuti 1.000 peserta dari unsur organisasi kepemudaan dan juga organisasi masyarakat.

Kasubid Protokol Bidang Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Dian Aditya Mandana Putri mengatatakan, peran relawan dalam menangani pandemi saat ini sangat dibutuhkan. Penggalangan dan peningkatan kapasitas relawan Covid-19 dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman relawan yang nantinya akan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Karena kita tahu, kejadian pandemi ini selalu ada perkembangannya sehingga penanganan yang dilakukan relawan bisa efisien. Relawan ini dari masyarakat untuk masyarakat,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di Novotel, Senin (7/6).

Dian menambahkan, dari 1.000 relawan se-Tangerang Raya yang mengikuti kegiatan penggalangan dan peningkatan kapasitas tersebut, dapat segera langsung diterjunkan di tengah-tengah masyarakat.

“Para relawan itu, berasal dari kalangan masyarakat umum, nantinya mereka akan dibekali dengan materi tentang pencegahan, penerapan 3M dan gerakan 3T. Lebih penting lagi, relawan ini akan diberikan teknik berkomunikasi yang baik kepada masyarakat, agar pesan yang disampaikan dapat di pahami,”paparnya.

Ia menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya, para relawan akan berhubungan dan berjejaring dengan satgas-satgas Covid-19 di setiap daerah di Indonesia. Hal tersebut, untuk mempercepat penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia khususnya di Tangerang Raya.

“Kita ini berjejaring dengan Satgas-satgas Covid-19 di seluruh Indonesia. Mereka kita jaringkan dengan satgas yang ada di wilayahnya, penanganannya satgas itu kan tidak hanya harus rekan-rekan nakes saja, tetapi sosialisasi dan penanganan bagi keluarga mereka, komunitas, jadi ini bisa memberikan penanganan langsung,”ungkapnya.

Wakil Walikota Sachrudin berharap keberadaan Satgas ini dapat mempercepat cara pencegahan dan penanganan di Indonesia khususnya di Kota Tangerang.

“Mudah-mudah ini banyak manfaatnya. Ilmunya bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat untuk dapat menyampaikan informasi-informasi kaitan cara pencegahan dan penanganan Covid-19,”katanya.

Sachrudin menjelaskan, kondisi terkini kasus Covid-19 di Kota Tangerang masih terjadi peningkatan, walaupun tingkat penularannya sangat rendah yakni 0,03 persen. Akan tetapi, peningkatan kasus pasti akan terjadi.

“Walaupun memang Kota Tangerang sampai saat ini ada 9.960 kasus sampai saat ini, tapi tingkat penyembuhannya juga sangat tinggi ada 9.900-an. Saya meminta, masyarakat untuk tetap waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here