Home TANGERANG HUB BHPP Banten Bertambah Rp90 M, Pemkab Alokasikan Penanganan Covid-19

BHPP Banten Bertambah Rp90 M, Pemkab Alokasikan Penanganan Covid-19

0
SHARE
VAKSINASI: Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi terhadap lansia. Pemkab Tangerang masih fokus penanganan Covid-19 termasuk pengalokasian anggaran. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendapat tambahan transfer alokasi dana bagi hasil pajak provinsi (BHPP) pada tahun 2021 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sebesar Rp90 miliar. Sehingga total dana yang bakal diterima Pemkab Tangerang di tahun ini mencapai sekira lebih dari Rp590 miliar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang Muhammad Hidayat mengatakan, penambahan alokasi dana bagi hasil pajak dari Pemprov Banten akan langsung diserap atau dibelanjakan untuk kebutuhan yang mendesak dan penting. Yakni, meningkatkan pelayanan kesehatan di tiga rumah sakit umum daerah, pembelian barang medis habis pakai untuk penanganan Covid-19, peti jenazah bagi korban virus Corona, peningkatan infrastruktur dasar dan penambahan anggaran belanja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkena refocusing dan realokasi anggaran pada tahun sebelumnya.

Kata Hidayat, peningkatan pelayanan di RSUD Balaraja, RSU Kabupaten Tangerang dan RSUD Pakuhaji melingkupi pelayanan pasien Covid-19 dan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Adapun, untuk penanganan Covid-19 secara umum melingkupi pembelian barang medis habis pakai dan peti jenazah.

“Jadi ada perubahan di OPD berupa belanja daerah untuk kegiatan yang memang mendesak dan penting. Ini sebagai dampak penambahan bagi hasil pajak dari provinsi kepada kita. Kalau anggaran sebelum penambahan kita akan menerima sekira Rp500 miliar maka dengan adanya penambahan jadi kami akan menerima sekira Rp590 mililar. Nah, anggaran ini harus dihabiskan untuk belanja daerah yang lebih banyak untuk penanganan pandemi Covid-19,” paparnya kepada Tangerang Ekspres ketika diwawancarai, Selasa (8/6).

Hidayat menuturkan, anggaran hampir setengah triliun tersebut akan ditransfer oleh pemerintah Provinsi Banten sesuai dengan jadwal pelaksanaan penyerapan yang dibuat OPD. Ia menuturkan, semua dokumen perencanaan anggaran belanja yang bersumber dari dana bagi hasil pajak provinsi sudah diunggah ke dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) dan Simral.

“Secara sistem dokumen perencanaan penggunaan anggaran (DPA) yang bersumber dari BHPP sudah diunggah oleh seluruh OPD. Hanya saja, untuk verifikasi dokumen verbal akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Yang terpenting ada kejelasan kapan waktu pelaksanaan penggunaan anggarannya sehingga pemerintah provinsi bisa mengetahui berapa besaran transfer kepada pemerintah daerah setiap triwulannya,” paparnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here