Home TANGERANG HUB Tahun Ini Target Vaksinasi 900.000 Orang

Tahun Ini Target Vaksinasi 900.000 Orang

0
SHARE

CIPUTAT-Pemkot Tangsel menargetkan sampai akhir 2021 ada sekitar 900.000 orang yang divaksinasi Covid-9. Untuk itu, Pemkot terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk warganya. Sampai saat ini Pemkot Tangsel telah memvaksinasi sekitar 120.000 orang.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, untuk tercapainya angka tersebut, dirinya menargetkan vaksinasi 5.000 orang setiap hari. Ujung tombaknya, adalah Puskesmas sebagai tempat vaksinasi.

“Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan (faskes) negeri yang paling dekat dengan masyarakat saat ini menyediakan layanan vaksinasi,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/6).

Pak Ben menambahkan, selain Puskesmas ada sejumlah tempat yang dimiliki swasta untuk sewaktu-waktu bersedia digunakan untuk area vaksinasi. Artinya, tempat tersebut dijadikan tempat vaksinasi massal dan permanen.

“Ada tiga tempat yang sudah fix, yakni sport center Alam Sutera, Teraskota dan Universitas Pamulang. Ke depan, Bintaro Xchange, Universitas Terbuka dan beberapa tempat lain akan jadi tempat vakisnasi permanen,” tambahnya.

Mantan pegawai Pemkab Tangerang ini menjelaskan, saat ini vaksinasi hanya untuk masyarakat kategori tertentu, belum untuk masyarakat umum. “Kita selesaikan dulu vaksinasi untuk pelayan publik, disabilitas, petugas transportasi,” jelasnya.

Bila vaksinasi untuk kategori tersebut telah selesai, maka masyarakat umum dilakukan vaksinasi massal. “Vaksinasi massal ini untuk semua golongan masyarakat,” ungkapnya.

Pemkot Tangsel sendiri telah melakukan kriteria masyarakat yang bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas. Melalui akun Instagram @tangselsiaga112, Pemkot Tangsel menetapkan kategori peserta vaksiansi. Yakni, Nakes dan tenaga penunjang medis, Pra-lansia (usia 50-59 tahun), Lansia (usia >60), Pelayan publik (satpam, ojek, sopir, petugas pariwisata, pelaku UMKM dan lain-lain. Dan, mahasiswa kesehatan dan mahasiswa yang berkuliah di luar negeri.

Jika warga Kota Tangsel ada yang termasuk kriteria di atas, bisa langsung mendaftar vaksinasi ke Puskesmas terdekat dengan membawa fotokopi KTP dan surat keterangan domisili. Untuk vaksinasi masyarakat umum kategori usia 18-49 akan dikonfirmasikan lebih lanjut.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kasus kita juga sedang mempersiapkan RSU Serpong Utara yang memiliki 70 tempat tidur,” tutupnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here