Home TANGERANG HUB Ketua RT Bisa Lokckdown Lokal, Jika Dalam Satu RT Ada 5 Rumah...

Ketua RT Bisa Lokckdown Lokal, Jika Dalam Satu RT Ada 5 Rumah Terpapar

0
SHARE

CIPUTAT-Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan memperkuat pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, dalam perkuatan sistem PPKM tersebut. Pihaknya memberikan kewenangan sepenuhnya kepada tim Satgas yang dikomandoi oleh para ketua RW dan RT di lingkungannya masing-masing.

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menjelaskan bahwa kriteria kewenangan RT atau RW melakukan lockdown adalah, jika ditemukan di antara warganya terpapar Covid-19 sebanyak lima rumah. Maka RT dan RW diperbolehkan melakukan lockdown.

”Medianya bisa bermacam-macam, mau pakai bambu atau kayu. Pokoknya memanfaatkan yang ada,” ujar Benyamin ketika memberikan jawaban kepada wartawan, Senin (21/6).

Dia menambahkan bahwa saat ini Pemerintah sedang berhati-hati dan harus segera membuat kebijakan. Agar penularan Cocid-19 tidak masif sehingga tidak mengkhawatirkan masyarakat. Dan kebijakan yang dipilih adalah RT dan RW memiliki tanggung jawab untuk memastikan protokol kesehatan dilakukan di tengah kalangan masyarakat.

Kemudian, Benyamin juga menjelaskan bahwa dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Swasta untuk menyediakan kapasitas ruang ICU dan isolasi. Pun dengan Rumah Sakit Pakulonan yang digunakan sebagai rumah sakit transit.

”Untuk prosedurnya itu sudah biasa, sama saja. Syukur jika bisa akses 119, kalau memang tidak bisa, boleh akses puskesmas setempat sebagai tempat transit,” ujar Benyamin.

Saat ini, Benyamin menegaskan bahwa kegiatan yang diberlakukan oleh banyak orang akan dilarang. Seperti resepsi pernikahan, kemudian kegiatan sosial, dan juga kegiatan makan di tempat yang sebelumnya hingga pukul 09.00 akan diturunkan hingga 20.00.

”Take away, bisa sampai pukul 24.00, yang lain-lain belum dibuka. Kemudian pembelajaran tatap muka jadi ditunda. Tetap online,” kata dia.

Setelah itu Benyamin menginformasikan bahwa saat ini ruang ICU sudah terisi sebanyak 82 persen dan ruang isolasi sebanyak 79 persen. Angka tersebut naik beberapa tingkat dibandingkan sebelumnya. Sehingga masyarakat diharapkan bisa dengan bijak dan kooperatif untuk memanfaatkan protokol kesehatan di setiap kegiatan.

“Saya sudah melakukan zoom meeting kepada semua Ketua RW, saya serahkan kewenangan itu kepada Ketua RW dan Ketua RT,” kata Benyamin. (mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here