Home TANGERANG HUB Pemdes Banyu Asih Buka Lahan Untuk Pertanian

Pemdes Banyu Asih Buka Lahan Untuk Pertanian

0
SHARE
Sejumlah warga sedang menormalisasi saluran air untuk lahan KWT, di Desa Banyu Asih, kemarin. FOTO: Pemdes Banyu Asih for Tangerang Ekspres

MAUK — Berdayakan lahan kosong, Pemerintah Desa (Pemdes) Banyu Asih, Kecamatan Mauk, membuka lahan seluas 1.000 meter persegi di Kampung Kebon Raya, RT 12/03. Pembukaan lahan tidur ini, akan rencananya dimanfaatkan Kelompok Wanita Tani (KWT) desa setempat dalam rangka ketahanan pangan.

Kepala Desa Banyu Asih Ahmad Hariri mengatakan, KWT Desa Banyu Asih sudah menerima pembinaan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tegal Kunir dalam waktu sekitar satu setengah tahun atau sejak awal 2020.

“Sebelumnya, pembinaan KWT memanfaatkan 700 meter persegi lahan, di Kampung Berusaha, RT 01/04. Nah, ilmu dan pembinaan yang dilakukan BPP Tegal Kunir kepada KWT Desa Banyu Asih akan kami manfaatkan untuk mengelola lahan mencapai 1.000 meter persegi di kampung lain di desa kami,” kata Hariri, kepada Tangerang Ekspres, Senin (21/6).

Hariri mengungkapkan, keberadaan KWT Desa Banyu Asih sangat bermanfaat di desanya. Menurutnya, hasil perkebunan sayur mayur olahan KWT dapat didapatkan dengan mudah oleh warganya dengan harga murah atau terjangkau.

Bahkan, kata Hariri, terkadang sayur mayur diantaranya bayam dan sesim diberikan gratis kepada warga yang sedang mengandung, menyusui atau memiliki bayi di bawah lima tahun (balita).

Tujuan hal tersebut, guna mencegah terjadi anak gizi buruk di wilayah desanya. KWT merupakan bagian pembinaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Banyu Asih.

Hariri menambahkan, saat ini, pihaknya masih dalam proses pembukaan lahan tidur. “Kami masih menebang rerumputan dan membuat gundukan tanah agar gembur. Rencana, akhir Juni ini sudah penanaman bibit sayur mayur,” pungkasnya. (zky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here