Home TANGERANG HUB Pendaftar Luar Banten Penyebab Website PPDB Error

Pendaftar Luar Banten Penyebab Website PPDB Error

155
0
SHARE

SERANG — Gangguan website PPDB pada Senin (21/6) pagi, diakibatkan padatnya jumlah pengunjung. Masyarakat membuka web tersebut secara bersamaan untuk mendaftar. Tak hanya calon siswa se-Banten tapi ada juga dari luar daerah yang mengakses. Ini yang membuat website PPDB error.

Taqwim, Ketua Pelaksana PPDB Provinsi Banten menyampaikan, jumlah pengunjung yang membuka website resmi PPDB Provinsi Banten pada pukul 06.00 sudah mencapai 10 ribu pengunjung.

Jumlah tersebut, lanjutnya, belum termasuk dengan jumlah pengunjung yang ingin melakukan pendaftaran, dan pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Banten. Tentunya hal tersebut diluar dugaan panitia.

Ia mengaku langsung meminta tim untuk segera memperbaiki agar ganguan tersebut segera diperbaiki. Terkait dengan pengunjung dari luar Banten. Taqwim yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten ini mengaku belum tahu motifnya.

“Kami berupaya bergerak cepat untuk memperbaiki gangguan tersebut, dan Alhamdulilah ganguan tidak berlangsung lama. Saya pun masih mencari motif dari pengunjung yang berasal dari luar Banten,” kata Taqwim kepada Banten Raya (Group Tangerang Ekspres).

Dalam kesempatan itu, Taqwim mengimbau kepada calon wali murid untuk bersabar dan tidak perlu tergesa-gesa dalam mendaftarkan anaknya ke sekolah secara daring. Jika memang ada ganguan bisa melakukan pendaftaran secara offline.

Taqwim juga meminta kepada orangtua untuk bisa mengikuti jadwal pendaftaran yang telah disosialisasikan oleh panitia, yaitu untuk pukul 07.00 pagi sampai pukul 11.00 siang pendaftaran untuk wilayah Tangerang Raya.

Dari pukul 11.00 siang sampai pukul 15.00 sore untuk wilayah Serang, Pandeglang dan Lebak. “Sedangkan pendaftaran sudah dibuka sejak pukul 00.30 dini hari, jadi tidak usah tergesa-gesa,” ujarnya.

Terkait pindah pilihan, Taqwim mengajak kepada orangtua untuk melakukan perpindahan pilihan dilakukan selesai Magrib, agar tidak mengganggu proses pendaftaran yang dilakukan oleh calon peserta didik baru.

“Alhamdulilah saat ini sudah berjalan normal. Saya mengimbau kepada orangtua calon peserta didik baru agar tidak perlu khawatir, semuanya akan kami layani,” ujarnya.

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten turut mengawasi jalannya PPDB. Bahkan mereka mencoba mengakses website penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten guna melihat kinerja webite tersebut. Hasilnya, website PPDB sempat bermasalah atau error.

“Seperti yang kami khawatirkan, Kang. Website PPDB online milik Disdik Banten error,” kata Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Zainal Mutaqin, Senin (21/6).

Zainal mengatakan, ia mengakses website PPDB itu pada pukul 08.02 WIB. Hasilnya hanya keterangan bahwa database yang diakses error. Ia pun langsung meminta penjelasan kepada pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

“Sedang kami mintakan penjelasan ke Dikdinbud Banten,” katanya.

Zainal mengatakan, kekhawatiran dirinya pada website PPDB bukan tanpa alasan. Pasalnya sejak penerapan PPDB online masalah pada website sering kali ditemukan di lapangan.

“Padahal waktu simulasi biasanya lancar dan tidak ada masalah,” ujarnya. (tohir/satibi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here