Home TANGERANG HUB E-Learning Tertunda Akibat Pandemi Covid-19

E-Learning Tertunda Akibat Pandemi Covid-19

0
SHARE

TIGARAKSA — Metode pembelajaran elektronik atau e-learning inovasi dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang ditunda. Penyebabnya, refocusing anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) untuk penanganan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tangerang Syaifullah mengatakan, konsep pembelajaran dengan e-learning belum bisa dilaksanakan pada anggaran tahun ini. Sebab, pemerintah daerah berfokus pada penanganan pandemi Covid-19.

“Kita belum bisa melaksanakan pembelajaran dengan e-learning. Karena, dana kegiatannya di refocusing Covid-19. Pada tahun 2019 kau, sebenarnya sudah on proses untuk mewujudkan e-learning akan tetapi pada 2020 di refocusing,” paparnya kepada Tangerang Ekspres saat diwawancarai, kemarin.

Diketahui, keberadaan e-learning dapat membantu sekolah meningkatkan jumlah siswa walaupun kekurangan ruang kelas. Termasuk, solusi bagi sistem belajar di sekolah dengan dua shift, pagi dan siang hari. Tidak hanya solusi kekurangan ruang kelas, pembelajaran dengan e-learning bisa meningkatkan kompetensi siswa.

Lanjut Syaifullah, metode pembelajaran saat ini disekolah mengikuti prosedur yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat maupun daerah. Di mana, siswa terhubung dengan guru melalui aplikasi zoom meeting ataupun google classrooms.

“Dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 kita alokasikan Rp1,7 miliar. Untuk sekarang sistem pembelajaran menggunakan metode daring. Perkembangan sebelumnya, e-learning masih mencari vendor ataupun universitas atau lembaga lainnya yang menyuguhkan konsepnya kepada kita,” pungkasnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here