Home TANGERANG HUB Katar Bentuk Posyandu Remaja, Cegah Narkoba Pada Remaja

Katar Bentuk Posyandu Remaja, Cegah Narkoba Pada Remaja

0
SHARE

PAKUHAJI — Ciptakan kegiatan positif pada remaja. Karang Taruna ciptakan Posyandu Remaja bernama Suluh Anak Desa (Sades). Sades sendiri merupakan sekumpulan remaja dari Karang Taruna Desa Boni Sari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Posyandu Remaja Sades merupakan wadah penyelenggaraan kesehatan para remaja. Di wadah ini para remaja bisa mendapatkan seputar informasi tentang kesehatan dalam rangka menjaga kesehatan remaja.

Ketua Karang Taruna Desa Boni Sari Haerudin menjelaskan, Posyandu Remaja Sades adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat. Posyandu Remaja Sades ini merupakan salah satu kegiatan di bidang kesehatan berbasis masyarakat (khususnya remaja).

“Kegiatan Posyandu Remaja Sades ini dilakukan untuk memantau kesehatan para remaja. Posyandu remaja ini juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lain kepada remaja,” kata Haerudin Ketua Karang Taruna Desa Boni Sari, kepada wartawan, Rabu (23/6).

Ia menjelaskan, untuk sementara, Posyandu Remaja yang diberi nama Posyandu Remaja Suluh Anak Desa (Sades). Uniknya, Sades sendiri melibatkan remaja desa menjadi petugas kesehatan  dari para remaja Karang Taruna Desa Boni Sari.

“Sebetulnya tidak mesti anak-anak Karang Taruna, dari masyarakat atau para remajapun boleh bergabung. Sebab saat ini, kami sebagai penggerak pemula saja, agar Posyandu Remaja ini bisa berjalan sesuai dengan tujuan,” jelasnya.

Adapun kegiatan Posyandu Remaja Sades, Kata Haerudin, antara lain penyuluhan tentang permasalahan remaja, memantauan kesehatan remaja secara berkala, mengedukasi remaja untuk hidup sehat, menurunkan angka pernikahan dini, membekali remaja untuk mempersiapkan masa depan dengan menjadi generasi berencana yang kreatif dan berwawasan luas.

“Kesehatan yang di maksud di sini, bukan hanya tentang kesehatan fisik saja, melainkan kesehatan tentang mental remaja dalam menggali potensi dan kreatifitas para remaja bisa diketahui. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan remaja menjadi pribadi yang baik,” terangnya.

Haerudin menambahkan, Posyandu Remaja ini juga sama hal nya dengan Posyandu yang sudah ada diketahui masyarakat. Jadi di setiap RT atau RW terdapat kader Posyandu Remaja guna mendeteksi para remaja di setiap RT dan RW.

“Ya mudah-mudahan dengan adanya Posyandu Remaja Suluh Anak Desa ini, para remaja bisa mengetahui akan hidup sehat. Terutama pola hidup bersih dan sehat di lingkungan maupun di rumahnya serta bisa terhindar dari narkotika,” harapannya. (zky/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here