Home TANGERANG HUB Loka POM Temukan Tahu Berformalin di Tigaraksa

Loka POM Temukan Tahu Berformalin di Tigaraksa

0
SHARE

TIGARAKSA — Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tangerang kembali mendeteksi adanya tahu yang diduga mengandung formalin. Hal ini diketahui setelah dilakukan pengujian di lapak warga yang ada di Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa, Rabu (23/6).

Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang Wydia Savitri mengatakan, pemeriksaan rutin dilakukan dalam rangka memastikan keamanan pangan di masyarakat. Ia menuturkan, pengawasan pangan dibarengi sosialisasi kepada warga tentang langkah dini memastikan keamanan makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

Lanjutnya, petugas memeriksa sebanyak 20 sampel yang didapatkan dari pemberian warga dan penjual sayur mayur di lokasi pengawasan. Sampel yang diperiksa yakni, makanan ringan, kudapan (cemilan) dan lauk pauk.

Ia memaparkan, petugas melakukan pengujian terhadap 4 parameter bahan berbahaya yaitu formalin, boraks, rhodamin B dan methanyl yellow terhadap sampel. Hal ini sebagai langkah awal memastikan keamanan pangan yang hendak dikonsumsi warga.

“Hasil pengujian terhadap sampel ditemukan sebanyak 19 sampel dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan terdapat 1 sampel yang diduga mengandung Formalin pada produk tahu. Kami lakukan penyitaan dan edukasi kepada penjual. Bahan yang disita akan dimusnahkan,” paparnya kepada wartawan, Rabu (23/6).

Tidak hanya melakukan pengujian terhadap bahan pangan, petugas juga melakukan pembagian pamflet kepada warga. Serta, memberikan informasi kepada masyarakat tentang 5 kunci keamanan pangan.

“Agar masyarakat waspada dan menjadi konsumen yang cerdas kami berikan edukasi tentang pangan mengandung bahan berbahaya. Bersama kita kawal keamanan pangan disekitar kita, ingat selalu untuk Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa,” pungkasnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here