SHARE

Cilegon–Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho meninjau langsung proses vaksinasi di atas kapal ferry, Rabu (7/7). Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menyampaikan tujuan dilakukannya vaksinasi di atas kapal ferry untuk memberikan kemudahan terutama untuk sopir angkutan logistik, para awak kapal serta masyarakat lainnya yang berada di atas kapal
mendapatkan vaksin.

“Vaksinasi di atas kapal ini merupakan terobosan inovasi bapak Kapolda Banten untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia,” kata Edy Sumardi.

Edy menyampaikan bahwa proses vaksinasi ini sangat menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dilayani oleh Urdokkes Polres Cilegon dan Biddokkes Polda Banten.

“Kami melayani proses vaksinasi, dimulai dari pengecekan kesehatan saat masuk, pengecekan saat pendaftaran, saat disuntik vaksin hingga observasi setelah disuntik vaksin secara humanis di atas kapal sambil melakukan perjalanan ke Bakauheni Lampung dan kembali ke Merak,” ujarnya.

Lebih Lanjut Edy Sumardi menyampaikan vaksinasi ini untuk semua masyarakat yang akan menyeberang berusia 18 tahun ke atas dengan syarat membawa Foto Copy KTP.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat yang melakukan vaksinasi di atas kapal sangat luar biasa, mereka sangat senang akan divaksin,” lanjutnya.

Untuk kegiatan gerai vaksin di atas kapal ini Polda Banten menyiapkan untuk 60 dosis dalam sekali pemberangkatan. Jika kurang maka akan ditambah dosis vaksinnya.
Kegiatan vaksinasi di atas kapal ini akan terus dilakukan hingga 20 Juli kedepan.

“Vaksinasi di atas kapal ini, tidak akan menghambat distribusi logistik, karena ada waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam untuk melakukan vaksin kepada para sopir truk, begitu juga kembalinya,” kata Edy.

Edy menjelaskan dalam penerapan PPKM Darurat, persyaratan yang wajib dipenuhi dan ditunjukkan penumpang kapal ferry di Pelabuhan Merak Banten-Bakauheni Lampung di antaranya adalah surat keterangan atau bukti sudah rapid antigen dan vaksin dosis pertama. Untuk vaksinasi bagi sopir angkutan logistik dan penumpang bisa dilakukan di atas kapal.

Sementara itu Idris yang akan menyebrang ke Bakauheni Lampung menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan vaksinasi di atas kapal ini sehingga mempermudah untuk proses vaksinasi.

“Alhamdulillah terimakasih atas pelaksanaan vaksinasi di atas kapal ini, kami masyarakat yang akan menyeberang sangat terbantu dengan program vaksinasi ini, “kata Idris.

Lebih lanjut Idris menyampaikan bahwa divaksin tidak merasa sakit.

“Setelah vaksin tidak ada efek apapun, saya mengetahui ada vaksin ini pas naik ke kapal dan ada pemberitahuan ada vaksin saya langsung mengikuti vaksin ini,” ujarnya. (hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here