Home TANGERANG HUB 152 Ribu Warga Kabupaten Dapat BST

152 Ribu Warga Kabupaten Dapat BST

0
SHARE
PENCAIRAN: Petugas penyaluran BST Covid-19 dari Kemensos memverifikasi warga penerima bantuan, kemarin. FOTO: Dinsos for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA — Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk warga Kabupaten Tangerang terdampak pandemi Covid-19 sudah cair. Besarannya Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Bidang Data Bina Sosial dan Kepahlawanan Endang Ramdani mengatakan, Untuk BST dari Kemensos pada 2021 penerima KPM masih sama dengan tahun lalu. Di mana alokasi awal ada 157.188 keluarga.

“Januari dan Februari jumlahnya bisa 157 ribu kepala keluarga yang menerima. Namun memasuki tahap 10 dan 11 ada pengurangan karena ada perbaikan data terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) asa yang invalid,” katanya kepada Tangerang Ekspres ketika dimintai keterangan, Kamis (22/7).

Endang menuturkan, pengurangan data penerima disebabkan ada penundaan pembayaran. Di mana jumlah penerima dinamis karena setiap tahapan ada penambahan KPM.

“Penambahan dan pengurangan penerima karena ada NIK sudah diperbaiki. Untuk BST Pos Alokasi April kita memiliki kuota 155.893 kepala keluarga dan sudah terealisasi ada 152.867 KPM,” paparnya.

Lanjutnya, untuk titik penyaluran dan penjadwalan merupakan hasil musyawarah dan mufakat antara PT POS dan Kecamatan. Biasanya digunakan ruang kelas di sekolah agar menghindari kerumunan.

“Untuk bantuan Covid-19 dari Kemensos pada Mei dan Juni masih proses. Sedangkan yang sudah cair itu di Januari dan Februari besarannya Rp300 ribu per bulan, pungkasnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here