Home TANGERANG HUB Kecamatan Cisauk Hadapi Covid-19, Rancang Barak Singgah

Kecamatan Cisauk Hadapi Covid-19, Rancang Barak Singgah

0
SHARE
DONASI: Kepala Sub Bagian perencanaan dan keuangan Kecamatan Cisauk Mochmad Farly Gusriadi (kiri) mendampingi perusahaan swasta yang memberikan bantuan buat pelaksanaan barak singgah penanganan Covid-19.

TINGGINYA penyebaran virus corona yang melanda Indonesia dan khususnya Kabupaten Tangerang membuat Kecamatan Cisauk bersiap memberikan pelayanan penanggulangan Covid-19. Kecamatan yang bersebelahan dengan Kota Tangsel itu merancang barak singgah buat warga terpapar Covid-19.

Barak singgah ini dibuat memanfaatkan keberadaan Gedung Serba Guna Kecamatan Cisauk yang terletak di samping kantor kecamatan. Keberadaan Barak Singgah ini dikemukakan Camat Cisauk H.M Yusuf Fachroji merupakan bagian dari percepatan penanganan Covid-19 di Kecamatan Cisauk Menindaklanjuti Surat Intruksi Bupati Tangerang Nomor 1 Tahun 2021 Tentang PPKM Darurat.

“Barak singgah yang kita buat diharapkan akan digunakan dalam waktu dekat ini, di sini untuk Isolasi Mandiri warga yang terpapar Covid-19 tapi OTG (Orang Tanpa Gejala, Red). Kami berharap warga yang terkonfirmasi Covid-19 menurun jumlahnya karena ditangani dengan baik dan terkontrol,” ucap Yusuf.

Hingga, Minggu (25/7) malam dari data yang Satgas Covid-19 jumlah warga Kecamatan Cisauk yang terpapar Covid-19 ada 57 orang dimana 1 orang diantaranya adalah pasien suspek (Sumber Data covid19.tangerangkab.go.id).

Lebih jauh dikemukakan Mochmad Farly Gusriadi Kepala Sub bagian perencanaan dan keuangan Kecamatan Cisauk barak singgah ini direncanakan menyediakan 32 Velbed atau tempat tidur lengkap dengan meja dan kursi untuk aktivitas pasien. Selain itu barak singgah juga dilengkapi dengan perlengkapan kesehatan seperti tabung oxigen, thermo gun, oximeter dan tensi.

“Untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang OTG kami juga membuat dapur umum, lalu menyediakan area olahraga serta fasilitas televisi dan Wifi agar warga senang menjalani isolasi mandiri di barak singgah,” ucap pria yang akrab disapa Farly itu.

Farly menambahkan barak singgah yang merupakan kerjasama dengan Koramil 03/Legok, Polsek Cisauk dan mendapat donasi dari beberapa pihak Pengusaha dan Tokoh Masyarakat dirancang untuk menampung warga OTG namun tinggal di permukiman padat penduduk. Dengan tinggal di barak singgah, diharapkan warga OTG dapat melaksanakan masa isolasinya dengan tertib dan mencegah timbulnya kerawanan menularkan pada warga sekitar rumah.

“Kita ingin menekan angka penyebaran Covid-19 dengan mengontrol warga OTG lewat pelaksanaan isolasi mandiri di barak singgah. Kita semua mengusahakan menjauh dari zona merah Covid-19 dengan membuat warga OTG sembuh dan tidak menularkan ke warga lain,” ungkap Farly.

Saat ini dikemukakannya, pihak Kecamatan Cisauk tengah berupaya untuk mengoptimalkan fasilitas dan pelayanan barak singgah sehingga saat digunakan akan membuat nyaman warga. “Kita tengah menyediakan pendanaan dan kebutuhan konsumsi untuk warga yang dirawat di barak singgah. Alhamdulillah banyak pihak yang menjadi donatur buat pelaksanaan barak singgah,” pungkas Farly. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here