Home TANGERANG HUB Pemkot Ujicoba Daftar Vaksin Pakai Handphone

Pemkot Ujicoba Daftar Vaksin Pakai Handphone

0
SHARE
UJICOBA : Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau ujicoba aplikasi pendaftaran vaksin di SMPN 29 Kota Tangerang, Senin (26/7). FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan ujicoba pendaftaran vaksin bagi pelajar usia 12 hingga 17 tahun dengan aplikasi yang dapat diakses melalui Smartphone. Ini  untuk mempermudah penerimaan vaksin tanpa harus mendata secara manual.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat melakukan vaksinasi. Masyarakat hanya membawa smartphone tanpa harus membawa berkas kertas yang membuat sulit.

“Ini kita ujicoba kepada pelajar di Kota Tangerang, secara teknis siswa yang datang melakukan pendaftaran melalui handphone masing – masing untuk mendapatkan qr code yang nantinya ditunjukkan kepada petugas,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di SMPN 29 Kota Tangerang, Senin (26/7).

Arief menambahkan, mekanisme baru yang sedang diujicoba bisa membantu dalam percepatan proses vaksinasi yang dilakukan setiap harinya mengingat proses pendataan, screening hingga input data ke sistem P- Care Kemenkes tidak lagi dilakukan secara manual.

“Petugas hanya tinggal ditunjukan QR Code dari peserta vaksinasi untuk input semua data yang diperlukan, proses input ke P-Care juga lebih mudah dan cepat dibanding yang dilakukan secara manual,”paparnya.

Ia menjelaskan, mekanisme baru yang saat ini dilakukan masih menemui sejumlah kendala dan kekurangan untuk dapat mendukung percepatan vaksinasi yang terus dilakukan oleh Pemkot Tangerang. Dengan adanya sistem ini, jadi lebih mudah dan tidak ada lagi kendala dalam pendaftaran.

“Karena ini masih ujicoba, makanya kita akan pantau terus agar tidak jadi kendala dalam pendaftaran dan mempermudah masyarakat untuk melakukan vaksinasi,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Mulyani menjelaskan, peserta vaksin akan mendapatkan sertifikat secara langsung di dalam aplikasi tersebut. Jadi, peserta vaksin tidak perlu menunggu lagi setelah melakukan observasi setelah vaksin.

“Ini jadi lebih mudah, peserta vaksin tidak perlu menunggu sertifikat vaksin. Tinggal cek di aplikasi vaksinasi.tangerangkota.go.id akan terlihat sertifikat tersebut,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here