SHARE
LIVE STREAMING: Jalannya pemilihan Ketua RW 014 Perumahan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang disiarkan secara live di kanal Youtube.

KELAPA DUA–Surat somasi warga yang ditujukan kepada Yunus Darmayogi, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) RW 014 Perumahan Islamic Village, Kelurahan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, ternyata “ampuh” juga. Yogi,  nama panggilan Yunus Darmayogi akhirnya menyerahkan berkas berita acara hasil pemilihan Ketua RW 014 kepada Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Kelapa Dua, Fahrurozi, Senin (26/7) lalu.

Dari informasi yang diperoleh Radar Banten, dalam penyerahan berkas berita acara ini, Yogi didampingi kasie pemerintahan kelurahan setempat. Selanjutnya, warga tinggal menunggu diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Ketua RW definitif dari Lurah Fahrurozi.

Salah seorang warga perumahan Islamic Village, Parlaungan Nasution mengimbau agar Lurah Fahrurozi secepatnya menerbitkan SK yang mengukuhkan Endang sebagai Ketua RW 014 definitif. Itu agar pelayanan masyarakat di bawah tidak terganggu. Apalagi, saat ini warga sedang menghadapi masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ketua RW punya peran sangat penting dalam penanganan covid di tingkatan paling bawah masyarakat. Soalnya, Ketua RW juga melekat jabatan sebagai Ketua Satgas covid-19,” kata pria yang akrab disapa Laung kepada Radar Banten (Grup Tangerang Ekspres), Selasa (27/7).

Ditambahkan pria yang juga Ketua RT 01 ini, akibat kekosongan jabatan Ketua RW yang terjadi selama hampir sebulan ini (sejak penerapan PPKM Darurat-red), terjadi pelonjakan kasus covid-19  yang cukup signifikan di perumahan Islamic Village. Persentase kenaikannya mencapai 900 persen. Menyikapi itu, pada 14 Juli 2021 lalu, lanjut Laung, forum RT menyepakati pembentukan Tim Satgas Covid. Tugas utamanya, mengambil alih peran Ketua RW yang kosong untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat RW 014 yang terpapar covid-19.

“Kalau sudah ada Ketua RW 014 definitif, saya yakin kerja Tim Satgas Covid-19 dalam menangani pandemi ini menjadi lebih baik. Terutama menyangkut koordinasi, baik dengan warga atau pihak kelurahan serta puskesmas. Juga pelaporan, pendataan serta edukasi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Termasuk, rembukan melakukan urunan biaya atau sumbangan untuk kebutuhan penanganan pandemi covid-19 di lingkungan,” papar Laung yang juga menjabat sebagai Bendahara Tim Satgas Covid-19 Forum RT ini.

Seperti diberitakan koran ini Senin (26/7) lalu, pemilihan Ketua RW 014 periode 2021-2024 Kompleks Perumahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang berujung somasi. Dua orang saksi pemilihan menyampaikan surat somasi kepada Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Yogi. Dua saksi itu adalah Catur Prasetyo (saksi calon No.2, Endang) dan Natsir Sabara (saksi calon No.1, Soleh Tasrip).

Surat somasi dikirim, Sabtu (24/7) lalu. Dalam surat somasi itu disebutkan, Yogi diduga tidak mengirimkan berita acara hasil pemilihan ketua RW 014 tertanggal 30 Juni 2021 kepada Lurah Kelapa Dua, Fahrurozi. Sikap Yogi ini dinilai melanggar Mekanisme dan Prosedur Pemilihan Ketua RW. 014 (huruf G) tentang Penetapan Calon Terpilih. Akibat perbuatan Yogi ini, warga menilai  berpotensi terjadinya kekosongan jabatan Ketua RW. Ujung-ujungnya bisa merembet kepada persoalan lainnya. Termasuk, pelayanan masyarakat juga ikut terhambat.

Pemilihan Ketua RW 014 diikuti tiga calon. Mereka adalah Soleh Tasrif (no urut 1), Endang (no urut 2) dan Teguh Santosa (no urut 3). Total, ada 13 suara yang diperebutkan. Dari hasil pemilihan itu, Soleh Tasrif tidak mendapat suara alias 0. Lalu, Endang mendapat 7 suara. Sementara, Teguh Santosa mendapat 6 suara. Saat itu, hasil pemilihan dinyatakan sah oleh para saksi, panitia dan undangan dan juga dituangkan dalam Berita Acara Pemilihan (BAP).Yogi yang dihubungi Radar Banten Selasa (27/7) menjelaskan dirinya telah menyerahkan berkas berita acara hasil pemilihan ketua RW 014 kepada Lurah Fahrurozi, Senin (26/7) lalu sekira pukul 10.00 WIB. Menurutnya, langkah itu dia lakukan demi menjaga kerukunan warga dan kemaslahatan bersama.

Sementara itu,  Lurah Kelapa Dua Fahruroji yang dihubungi Radar Banten, Selasa (27/7) membenarkan dirinya telah menerima berkas berita acara hasil pemilihan Ketua RW 014 pada Senin (26/7) lalu.  Dijelaskan Fahrurozi, berkas diantar langsung Yogi didampingi Ketua RT 12 Sugiarto.

“Didampingi dua Kasie di kelurahan, Saya menerima berkas dari Pak Yogi. Berkas akan kami pelajari dan secepatnya Saya akan terbitkan SK Ketua RW 014 hasil pemilihan,” kata Fahrurozi.

Ketika didesak, kapan kepastian akan dibuatkan SK pengukuhan, Fahruroji mengatakan, “Kalau tidak Rabu (28/7) ya Kamis (29/7)”. (asp/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here