Home TANGERANG HUB Baru 5 OPD Serahkan Dokumen Arsip

Baru 5 OPD Serahkan Dokumen Arsip

142
0
SHARE

SETU-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangsel pastikan bahwa ada 14 OPD sudah menyerahkan arsip untuk disimpan di Gedung Arsip, Setu. Namun, jumlah OPD itu adalah yang sudah dihapus. Sementara, untuk OPD yang masih aktif baru 5 yang sudah menyerahkan dokumen arsip.

Untuk dikeathui, penyerahan dokumen arsip OPD ini dalam rangka menyimpan dokumen penting milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Mengingat DPAD sudah memiliki gedung Depot Arsip maka, agar dokumen terjaga dengan baik maka, OPD dianjurkan menyimpan dokumennya ke Depot Arsip.

Kepala DPAD Kota Tangsel Wahyudi Leksono menjelaskan, sudah ada 14 OPD yang menyerahkan arsip. OPD itu merupakan dinas/kantor/badan yang sudah dibubarkan atau berubah nama. Sementara sampai saat ini baru lima OPD aktif yang sudah menyerahkan arsip.

“Lima tersebut salah satunya adalah DPAD sendiri yang memang OPD ini sudah ada sejak Tangsel didirikan,” ujar Wahyudi yang menambahkan bahwa saat ini dia masih berusaha untuk mengumpulkan arsip penting yang diperlukan oleh pemerintah.

Adapun kendala yang dia hadapi di lapangan pada saat mengumpulkan arsip belum optimalnya pengarsipan di masing-masing OPD. Padahal harusnya OPD memiliki ruang arsip untuk dokumen yang belum berusia 10 tahun. Hal tersebut yang menyebabkan belum lengkapnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh OPD.

“Karena setiap OPD itu harus memiliki ruang record center atau ruang arsip yang usianya di bawah 10 tahun,” katanya yang menambahkan untuk arsip yang usianya lebih dari 10 tahun bisa di simpan oleh di Depot Arsip.

Sementara fasilitas ruang arsip yang dimiliki depot arsip adalah ventilasi ruangan. Kemudian rak arsip agar tidak lembab. “Setiap ruangan juga disediakan ada AC juga, ada spricle dokumen,” ujar Wahyudi.

Sementara Plt Sekretaris DPAD Nasrul Fuad menjelaskan bahwa mengantisipasi kehilangan data, sebelum arsip disusun di ruangan maka DPAD akan memastikan kelengkapan data. Sehingga Depot Arsip bisa mengetahui data apa saja yang masuk ke dalam Depot Arsip.

Selain itu, untuk mempermudah akses terhadap arsip, DPAD akan melakukan digitalisasi. “Jadi setiap data atau arsip yang masuk akan discan oleh petugas agar bisa disimpan secara digital,” ungkapnya.

Dengan adanya fasilitas Depot Arsip ini, dia berharap setiap OPD bisa melakukan pemeliharaan dokumen secara maksimal. Selain itu juga bisa memastikan keabsahan kebijakan melalui dokumen yang dimiliki. (mol/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here