SHARE
Helikopter tipe Bell 429 PK-CAW jatuh di Bandara Budiarto, Curug di Desa Rancagong, Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9). Pilot dan copilot menderita luka ringan.

TANGERANG-Helikopter tipe Bell 429 PK-CAW jatuh di ujung landasan Bandara Budiarto, Curug di Desa Rancagong, Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9) pukul 15.15 WIB. Pilot dan copilot dilaporkan selamat dan hanya menderita luka ringan.

Informasi yang diperoleh Tangerang Ekspres, helikopter tersebut lepas landas dari Bandara Budiarto di kompleks Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI), di Desa Rancagong, Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9) pukul 09.01.

Helikopter pilot dan copilot saat itu sedang melakukan pelatihan rutin dan sempat terbang di ketinggian sekitar 100 meter. Namun, pilot lepas kendali karena dihantam angin kencang. Pilot lantas berusaha menurunkan ketinggian dan akhirnya jatuh.

Badan pesawat masih utuh. Namun, tail boom dan skid patah. Baling-baling hancur. Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan helikopter itu milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan tipe Bell 429 PK-CAW.

“Helikopter itu milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan yang terguling,” ujarnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (13/9).

Adita menyatakan, helikopter tersebut terguling saat melakukan kegiatan pelatihan rutin sekitar pukul 10.25 WIB. Ditambahkannya, tidak ada korban dalam insiden ini. Kru penerbangan yang terdiri dari pilot, copilot, dan teknisi, selamat.
Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Saat ini, lanjut Adita, Inspektur Penerbangan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta dan investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. “Otoritas bandara dan KNKT telah berada di lokasi untuk investigasi,” lanjut Adita. (sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here