Home TANGERANG HUB WTP 10 Kali, Kemenkeu Apresiasi Kinerja Pemkab dan Pemkot Tangerang

WTP 10 Kali, Kemenkeu Apresiasi Kinerja Pemkab dan Pemkot Tangerang

0
SHARE
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah secara daring mengikuti Rakernas secara daring dengan Kementerian Keuangan, kemarin.

TANGERANG-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengganjar penghargaan untuk Pemkot Tangerang dan Pemkab Tangerang, Selasa (14/9). Kedua pemerintahan ini, menorehkan prestasi lebih dari 10 kali berturut-turut meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Pemkot Tangerang meraih 14 kali WTP dan Pemkab Tangerang 13 kali WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Predikat WTP diberikan kepada pemerintah daerah atas kinerjanya mengelola keuangan secara baik. Kemenkeu memberikan penghargaan kepada pemda yang meraih WTP lebih dari 10 kali untuk laporan keuangan sejak tahun 2011 hingga 2020.

Penghargaan tersebut disampaikan dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Tahun 2021 yang dibuka oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani secara daring.
Sri Mulyani menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh lembaga, kementerian maupun pemerintah daerah yang terus menjaga, mengelola keuangan negara dan membangun tata kelola negara.

“Karena dana yang dikelola adalah dana publik,” paparnya.
Pemkot Tangerang dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief menyebutkan penghargaan yang diberikan oleh kemenkeu tersebut akan semakin menambah semangat aparatur Pemkot Tangerang dalam menjalankan roda pemerintahan dengan menjunjung tinggi asas transparansi keuangan daerah.

“Tentunya pengelolaan keuangan harus semakin ditingkatkan serta pelayanan kepada masyarakat juga harus semakin baik,” ungkapnya. Dengan penghargaan ini, kata Arief, Pemkot Tangerang harus semakin optimal dalam urusan pengelolaan keuangan daerah walaupun di tahun 2021 ini telah menerima sebanyak 14 kali WTP dari BPK.

“Yang penting itu bukan jumlahnya, tapi bagaimana pemkot bisa maksimal dalam mengelola keuangan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Pemkab Tangerang diwakili oleh Wakil Bupati Tangerang H.Mad Romli, Sekda Moch Maesal Rasyid, Kepala Bapenda dan Kepala BPKD. Pemkab Tangerang telah berhasil mempertahankan opini WTP dalam penyajian laporan keuangannya selama 10 kali berturut-turut, mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2020.

Wakil Bupati Tangerang H.Mad Romli (tengah) Sekda Moch Maesal Rasyid (kiri) saat mengikuti Rakernas secara daring dengan Kementerian Keuangan, kemarin.

Predikat WTP merupakan predikat terbaik atas kewajaran penyajian laporan keuangan (LK) dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau laporan realisasi anggaran (LRA), laporan arus kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Penjelasan laporan keuangan juga telah disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan.

Mad Romli mengatakan prestasi 10 kali berturut-turut WTP adalah usaha keras bersama. “Alhamdulilah pada akhirnya kerja keras kita (pemkab) diapresiasi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Jadikan ini sebagai penyemangat untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

“Predikat 10 kali WTP yang telah kita raih adalah kerja keras dan kerjasama dari seluruh OPD dan DPRD. Semoga ini menjadikan kita bisa lebih baik lagi ke depannya”, lanjutnya.

Pada rakernas ini, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa penghargaan yang diberikan merupakan salah satu bentuk dukungan dan apresiasi pemerintah. Dalam hal ini kementerian keuangan terhadap kerja keras kinerja unsur pimpinan lembaga pemerintah, gubernur, bupati dan walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan yang akuntable, kususnya dalam pengelolaan keuangannya yang baik dan transparan. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here