SHARE
APLIKASI: Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tangerang Yudhi Wahyu Cahyono mengenalkan aplikasi Pcare. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Untuk mempermudah tenaga kesehatan menginput data vaksinasi masyarakat, BPJS Kesehatan menyediakan aplikasi Pcare Vaksinasi. Aplikasi ini terintegrasi dari sistem satu data vaksinasi Covid-19 yang digunakan tim nakes dalam mencatat data pelayanan vaksinasi dengan mudah.

Kepala Cabang BPJS kesehatan Tangerang Yudhi Wahyu Cahyono mengatakan, dalam pelayanan vaksinasi tim nakes mengalami kesulitan dalam menginput data serta membuat laporan pada saat pelaksanaan vaksinasi. Tetapi dengan aplikasi Pcare Vaksinasi tim nakes akan mudah menginput data dengan cepat sehingga pelayanan vaksinasi bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada gangguan.

“Pcare Vaksinasi diperuntukkan bagi petugas vaksin dan fasilitas kesehatan. Melalui aplikasi ini pencatatan vaksin menjadi lebih mudah. Tahapan vaksin seperti registrasi, screening, observasi setelah penyuntikan hingga penerbitan kartu vaksin bisa
dilakukan melalui satu aplikasi,” ujarnya, Rabu (15/9).

Yudhi menambahkan, mengikuti perkembangan kebutuhan di lapangan, Pcare Vaksinasi mengalami beberapa perubahan yang terkoneksi dengan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Ketika petugas melakukan pendaftaran sasaran vaksin, petugas cukup menginputkan NIK calon penerima vaksin kemudian akan muncul data seperti nama lengkap dan tanggal lahir. Perubahan ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat kerja rekan-rekan di lapangan,”paparnya.

Ia menjelaskan, terkoneksinya aplikasi Pcare Vaksinasi dengan data Dukcapil upaya untuk meminimalisir kesalahan data dan penginputan data yang kurang akurat.

“Petugas cukup menginput NIK sasaran vaksin, lalu akan muncul data-data orang tersebut sesuai dengan data yang ada di Dukcapil di wilayah kerja kami yakni Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan,”ungkapnya.

Yudhi menuturkan, selain terkoneksinya Pcare Vaksinasi dengan data Dukcapil, BPJS Kesehatan juga sedang melakukan uji coba Pcare Vaksinasi versi mobile. Petugas vaksin tidak harus menggunakan laptop atau komputer, karena Pcare Vaksinasi mobile bisa diakses melalui smartphone.

“Sementara ini, uji coba Pcare Vaksinasi mobile baru dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta. Jika sudah sempurna, maka akan bisa di seluruh Indonesia untuk mempermudah tim nakes dalam bertugas menginput data masyarakat yang melakukan vaksinasi,” tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here