SHARE
Penyidik Polda Metro Jaya memeriksa dua napi untuk menggali informasi penyebab kebarakan di Lapas Kelas 1 Tangerang.

JAKARTA-Kasus kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang semakin mengerucut. Puluhan saksi sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Setelah tujuh pegawai, kini dua warga binaan atau narapidana (napi) Lapas Kelas 1 Tangerang diperiksa. Periksaan dilakukan guna mendalami insiden kebakaran.

“Hari ini (kemarin) ada 2 orang lagi warga binaan yang kita lakukan pemeriksaan,” kata Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, kemarin (15/9).

Sebelumnya, penyidik telah menggali keterangan Kepala Lapas Krlas 1 Tangerang Victor Teguh Prihartono terkait insiden kebakaran pada Selasa (14/9). Selain Kalapas, enam pegawai lainnya seperti Kabag Tata Usaha, Kabid Adminitrasi Keamanan dan Ketertiban, Kasubag Umum, Kabid Keamanan, Kasi Perawatan dan Kepala KPLP.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan pemeriksaan terhadap Victor berlangsung hingga 10 jam, sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. “Saya nggak begitu hafal jumlah berapa pertanyaannya, tetapi masih bersifat umum menyangkut masalah tentang fungsi tugas dan peran,” terang Tubagus.

Hingga kini, penyidik tengah melakukan evaluasi terhadap sejumlah barang bukti kasus kebakaran Lapas Tangerang. Barang bukti yang dimaksud salah satunya adalah keterangan saksi-saksi yang telah diperiksa. Namun, ia masih merahasiakan materi pemeriksaan dari beberapa saksi yang diperiksa. Namun, ia menjelaskan bahwa pemeriksaan terhadap saksi tersebut dimaksudkan untuk mencari siapa tersangka dibalik kasus kebakaran tersebut.

“Tentang materi pemeriksaan masih merupakan materi sidik yang belum kita bisa sampaikan. Cuma kapasitasnya diperiksa sebagai saksi. Sedang bentuk pertanyaan dan lain sebagainya itu adalah merupakan materi penyidikan. Belum kita sampaikan. Kita kan belum ada tersangka. Hanya sudah naik sidik, artinya diduga sudah ada pidana, siapa tersangkanya? Nah itu dalam proses penyidikan,” tutupnya. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here