SHARE
Edo Febriansyah

PERSITA Tangerang sudah melupakan kekalahan dari Persib Bandung. Kini, fokus untuk kembali meraih poin penuh saat dijamu Persela Lamongan pada pekan ketiga Liga 1, Jumat (17/9) sore. Pada laga di Stadion Pakansari, Bogor, tim Ungu mengendalkan pemain anyar untuk bisa membawa pulang kemenangan.

Persita sendiri punya modal untuk bisa meraih kemenangan termasuk saat mendulang tiga poin di laga pekan pertama saat mengkandaskan Persipura Jayapura. Saat itu Aldi Al Achya dkk menang tanpa kehadiran dua pemain anyar mereka Alex Goncalves dan Bae Sin Yeong.

Kehadiran keduanya plus pemain naturalisasi Raphael Maitimo menambah kepercayaan diri Pelatih Kepala Persita, Widodo Cahyono Putro untuk mengkandaskan Persela.

Selain itu pelatih yang akrab disapa WCP tersebut juga sudah melakukan sejumlah evaluasi dari pertandingan sebelumnya. Dan kekurangan yang terjadi saat menghadapi Maung Bandung secara perlahan sudah diperbaiki sehingga saat ini status tim Persita siap menatap pertandingan untuk kemenangan.

“Setelah pertandingan itu (melawan Persib) kami mengadakan evaluasi dan terus berlatih. Mana yang memang harus kita perbaiki. Kan sepak bola ini berkembang terus dan kompetisi ke depannya itu lebih kompetitif. Jadi perbaikan-perbaikan ini dan mungkin rotasi pemain ini sangat diperlukan,” kata Widodo yang juga mengakui seluruh skuatnya dalam kondisi prima kecuali satu pemain.

Salah satu pembenahan yang dilakukan adalah di posisi lini serang. Kehadiran Alex Goncalves, Bae Sin Yeong dan Raphael Maitimo diyakini akan bisa memaksimalkan peluang menjadi gol. Ketiganya akan menjadi poros tengah dalam membongkar pertahanan lawan.

Meski demikian Widodo enggan berkomentar banyak soal komposisi pemain yang akan dimainkan sore ini. Ia akan melihat kesiapan pemain hingga jelang pertandingan, siapa yang paling siap dia yang akan bermain.

Ini setidaknya pelajaran dari apa yang dialami kiper Persita Dhika Bhayangkara. Sudah dipersiapkan secara matang, tapi cedera dialami mantan kiper PS Tira itu.

“Ada satu pemain yang tadinya akan saya persiapkan, goalkeeper Dhika, tidak bisa main karena kemarin cedera ankle. Kemungkinan untuk pertandingan berikutnya Dhika sudah siap dimainkan kembali,” tambahnya.

Soal taktik yang akan diterapkan, Widodo memastikan semua pemain Persita sudah diberikan strategi yang akan ditampilkan nanti saat latihan sebelum hadir di Stadion Pakansari.

“Tentunya di situ ada tactical strategy yang sudah kita kasihkan kepada pemain. Tapi di situasi pertandingan itu yang memutuskan adalah pemain sendiri. Jadi saya berharap apapun yang telah kita berikan, pemain bisa mengaplikasikan di pertandingan besok,” kata Widodo lagi.

Untuk Widodo mengharapkan penampilan anak asuhannya bisa lebih efisien dan efektif. “Tentunya bermain dengan cerdas. Karena semua taktikal sudah diberikan. Evaluasi tim dan evaluasi tim lawan juga sudah kita bahas. Sekarang tergantung juga kemampuan individu pemain di lapangan. Bagaimana dia memainkan sepak bola yang cerdas,” ucapnya.

“Sehingga kita tidak lagi memikirkan bagaimana mengantisipasi lawan, tapi biarlah mereka yang memikirkan apa yang harus dilakukan terhadap tim ini,” imbuh Widodo.

Di kubu tuan rumah, Persela yang jauh lebih diunggulkan daripada Persita untuk meraih kemenangan tidak ingin jemawa. Menurut Iwan Setiawan karena dalam pertandingan sepak bola apa pun bisa terjadi.

Sekali pun, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu telah mengatongi kemenangan pada laga sebelumnya saat melawan Persipura Jayapura. Sedangkan Persita yang harus takluk dari Persib Bandung dengan skor 1-2.

Tapi Iwan menolak membandingkan hal tersebut. Mantan pelatih Persija tersebut menegaskan meski timnya diunggulkan namun tak masuk akal jika ada tim yang dinilai mudah ditaklukkan. Menurutnya semua tim adalah lawan yang berat.

“Karena kita semua sama-sama tahu, semua tim yang berlaga di kompetisi liga 1 2021 ini sampai sejauh ini menurut saya memiliki kekuatan yang sama,” tukasnya.

Oleh karena itu, menurutnya tak ada klub yang sangat dominan atapun yang terpuruk. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here