SHARE
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho berbincang dengan salah satu anak yatim yang mendapat bantuan sosial di acara Alumni Akpol 1997 Wira Pratama Gelar Vaksinasi di BLK Don Bosco, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, kemarin.

TIGARAKSA — Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1997 menggelar vaksinasi bagi 1000 warga di Kabupaten Tangerang. Lokasinya di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco, Kecamatan Tigaraksa, Senin (20/9).

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal merupakan rangkaian tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Tujuan gelaran vaksin oleh Alumni Akpol 97 untuk mengakselerasi percepatan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan perintah Bapak Kapolri dalam rangka mengakselerasi percepatan kegiatan vaksinasi ditambah juga kegiatan bakti sosial,” katanya kepada awak media, Senin (20/9).

Kegiatan vaksinasi massal sejatinya terlaksana atas peran serta gabungan alumni akpol dari berbagai tahun angkatan dari angkatan 96 hingga angkatan 2000. Total vaksinasi massal yang disediakan sebanyak 5.000 dosis dan bakti sosial sebanyak 2.000 paket.

“Peserta vaksinasi dan penerima baksos adalah masyarakat, ormas, buruh, pelajar, dan difabel,” katanya.

Sementara, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro yang mendampingi kapolda menerangkan, rangakaian kegiatan juga diisi dengan pelaksanaan dialog interaktif dengan Kapolri bersama 10 Polda dan KBRI Malaysia.

Kesepuluh Polda Banten itu adalah Polda Kepri, Polda Banten, Polda Bengkulu, Polda Papua Barat, Polda Jabar, Polda Lampung, Polda Sulut, Polda Maluku, Polda Kaltim, dan Polda Sulsel.

“Juga penyerahan bansos secara simbolis oleh Kapolda Banten dan perwakilan Alumni Akpol 1997 Wira Pratama sebanyak 2.000 paket,” paparnya.

Sedangkan untuk vaksinasi, kata Wahyu, dilaksanakan sebanyak 1.000 vaksinasi. Tenaga vaksinator berasal dari Relawan Farmasi Muhamadiah yakni 1 orang dokter, tenaga kesehatan 36 orang, dan P. Care 5 orang.

“Dan tenaga kesehatan dari Polresta Tangerang yaitu 1 orang dokter, 9 orang tenaga kesehatan, P. Care sebanyak 20 orang,” tandasnya.

Sementara, Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar mengatakan, program vaksinasi sudah mencapai hampir 1 juta vaksin dari target 2,5 juta warga.

“Karena wilayah Tangerang merupakan wilayah aglomerasi yang paling tinggi di Banten, dengan total target 2,5 juta vaksin. Saat ini kami sudah mencapai angka 900 ribu. Kami meminta bantuan kepada seluruh elemen dan terima kasih kepada kepolisian yang juga ikut aktif dalam vaksinasi,” pungkasnya.

Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Arief Fajaruddin selaku perwakilan alumni Akpol 1997 Wira Pratama mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian alumni Akpol Tahun 1997 Wira Pratama kepada masyarakat di wilayah hukum Polda Banten.

“Ini dalam rangka 24 tahun pengabdian alumni Akpol Angkatan 1997 Wira Pratama. Di mana 24 tahun pengabdian Akpol 1997 ini, kami melaksanakan kegiatan vaksinasi massal berhadiah sembako. Jadi, sehatnya dapat kebutuhan masyarakat juga terpenuhi,” ucapnya.

Arief juga menambahkan bahwa kegiatan ini sekaligus untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan vaksinasi.

“Dan ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian kami alumni Akpol 1997 Wira Pratama untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten,” tambahnya.

Ia berharap melalui kegiatan Vaksinasi Presisi ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membentuk herd immunity di tengah masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah hukum Polda Banten,” tutupnya.

Turut hadir perwakilan Alumni Akpol 1997 Wira Pratama, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo, Dirresnarkoba Kombes Pol Martri Sonny, Dirreskrimum Polda Banten Kombes Pol Ade R, Dirintelkam Polda Banten Kombes Pol Suhandana Cakrawijaya, Wadirpamobvit Polda Banten AKBP Samuel dan Kabagdalpes ROSDM Polda Banten AKBP Baktiar Joko Mujiono. (sep/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here