SHARE
Sebelum masuk ruang tes, peserta diperiksa menggunakan metal detector. Perserta tes CASN Kota Tangerang dilarang membawa alat komunikasi, dan alat tulis, karena soal dikerjakan menggunakan komputer.

KOTA TANGERANG-Pemkot Tangerang menggelar tes calon aparatur sipil negara (CASN). Tes ini untuk calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebanyak 4.505 peserta yang lulus seleksi administrasi langsung mengikuti tes di gedung Tangerang Convention Center (TCC).

Sebelumnya, ada sekitar 4.925 peserta yang mendaftar. Akan tetapi, dalam seleksi administrasi hanya ada 4.505 yang lolos. Dalam tes tersebut juga, ada 20 persen peserta yang tidak hadir.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, hari pertama tes CPNS dilakukan dua sesi. Seluruh peserta tes sudah dilakukan swab antigen dan menggunakan masker sebagai syarat protokol kesehatan dalam tes tersebut.

“Dari data yang ada, sebanyak 20 persen tidak hadir. Padahal, kita sudah menyiapkan 250 tempat untuk para peserta mengikuti tes CPNS ini,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di TCC, Senin (20/9).

Arief menambahkan, tes CPNS ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai. Karena, memang sejauh ini membutuhkan banyak pegawai untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau kita usulannya memang banyak, walaupun demikian dengan kondisi seperti saat ini kita masih tetap prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”paparnya.

Kepala BKPSDM Kota Tangerang Heryanto menjelaskan, dari peserta yang ikut seleksi formasinya paling banyak PPK Guru dengan jumlah 3.435 orang, untuk PPPK Non Guru sebanyak 53, selanjutnya CPNS sebanyak 122 orang, dan tenaga teknis perpustakaan 1 orang.

“Dari seleksi ini memang paling banyak yang ikut adalah PPP guru, dan sangat dibutuhkan oleh kita karena banyak yang pensiun,”ungkapnya.

Heryanto menuturkan, seleksi ini akan digelar sampai dengan hari Jumat. Para peserta menjawab soal dengan sistem online. Karena, hasilnya akan real-time dan terlihat di YouTube BKN pusat.

“Untuk jaringan internet, kita bekerjasama dengan Kominfo Kota Tangerang. Sejauh ini, jaringan internet masih stabil dan tidak mengalami kendala. Dan peserta, terlihat mengerjakan dengan teliti karena seleksi ini menggunakan sistem gugur,”tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta Eka Novranti mengatakan, dalam tes CPNS ini mengambil formasi analis perizinan dokumen. Ia sempat kaget karena soal yang dikerjakan lebih banyak dari tahun lalu. Saat ini ia harus menjawab 110 butir soal, tahun lalu hanya 100 soal.

“Tadi saya mengerjakan 110 soal, tahun lalu saya juga ikut tetapi hanya 100 soal. Soal yang dikerjakan juga lebih sulit, karena kisi-kisi yang didapat tidak sesuai dengan soal yang dikerjakan. Dan saat mengerjakan soal juga harus hati-hati,”tutupnya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here