Home BANTEN Pemkot Serang Terima Sampah Tangsel

Pemkot Serang Terima Sampah Tangsel

53
0
SHARE

SERANG-Ketua Komisi IV DPRD Kota Serang, Khoeri Mubarok memaparkan hasil evaluasi dan pemantauannya terhadap progres kerja sama antara Pemkot Serang dengan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) terkait dengan pengelolaan sampah. Hasilnya Pemkot Serang akan tetap menerima sampah dari Tangsel meskipun infrastruktur pendukung di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong belum terpenuhi.

“Meski sarana dan prasarana pengdukung nyatanya belum siap, namun pihak UPT mengaku bahwa pembuangan sampah dari Tangsel akan dilakukan pada bulan September ini,” katanya kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/9).

Menurut Khoeri, Pemkot Serang telah menerima anggaran kompensasi impor sampah dari Kota Tangsel sebesar Rp 21 miliar pada Agustus lalu. Namun hingga saat ini Pemkot Serang masih belum menggunakan anggaran kompensasi tersebut untuk pembangunan TPSA Cilowong.

“Meski Pemkot Tangsel telah melakukan pembayaran kompensasi senilai Rp 21 miliar tersebut, pembuangan sampah dari Tangsel belum dilakukan ke TPSA Cilowong. Baru akan dilakukan bulan ini,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Komisi IV, terdapat beberapa sarana dan prasarana pendukung yang belum dibangun di TPSA Cilowong. Salah satunya pembangunan jalan yang terhambat pada proses tender yang belum selesai.

“Diketahui bahwa perencanaan tender memang sudah ada, namun DED-nya perlu dilakukan revisi, sebab masih menggunakan DED yang lama atau tahun 2019,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pemkot Serang juga belum melakukan pembuantan bronjong. Hal itu lantaran masih terjebak di tahap perencanaan. “Bahwa terhambatnya pembangunan bronjong masih di tahap perencanaan yang belum selesai, sebab membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan pengukuran, dan sebagainya,” terangnya.

Selain sarana dan prasarana yang sebagian besar belum terlaksana, kata dia, bantuan berupa uang yang rencananya akan diberikan kepada masyarakat sekitar Cilowong senilai Rp 200 juta pun belum dilakukan. Sebab terdapat permintaan masyarakat untuk mengubah mekanisme pembayaran.

Khoeri berharap infrastruktur pendukung TPSA Cilowong dapat segera dipenuhi. Sehingga proses kerjasama dengan Tangsel dapat terus berjalan dengan baik. Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Serang, Yoppy menekankan kepada Pemkot Serang agar anggaran awal kerja sama harus benar-benar digunakan untuk kepentingan pembangunan TPSA Cilowong. (mam/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here