SHARE
VAKSINASI: Polisi serta tim medis Kecamatan Lebak Gedong melakukan vaksin terhadap warga terpencil di hunian sementara, Selasa (21/9). FOTO: Ahmad Fadilah/Banten Ekspres

LEBAK-Guna menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) diberbagai elemen masyarakat, pemerintah terus melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakt di berbagai wilayah, baik di perkotaan maupun di pedalaman.

Kali ini vaksinasi yang digagas Polsek Lebak Gedong menyasar masyarakt terpencil yang tinggal di hunian sementara (Huntara) korban banjir bandang di Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Kapolsek Lebak Gedong, Iptu Yayat Supriyatna mengatakan, pihaknya bersama tim kesehatan dari Puskesmas melakukan vaksinasi masal kepada warga di hunian sementara, dengan tujuan agar tempat penampungan tersebut terhindar dari penularan virus Covid-19.

“Agar vaksinasi merata, kami tidak hanya melaksanakan vaksinasi Covid-19 di pusat kecamatan saja, akan tetapi juga di daerah terpencil seperti di hunian sementara korban banjir dan longsor ini, mereka juga berhak mendapatkan vaksinasi agar terhindar dari paparan virus corona,” kata Kapolsek Lebak Gedong, Iptu Yayat, kepada wartawan, Selasa (21/9).

Menurutnya, meski lokasi hunian sementara berada di lokasi terpencil dan minim informasi, tapi mereka mengetahui adanya Pandemi Covid-19, sehingga ketika diberitahu akan dilakukan vaksinasi, warga sangat antusias serta banyak yang mengikutinya. Kesempatan tersebut tentu saja digunakan untuk melakukan sosialisasi agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ada sekitar 54 orang yang mengikuti kegiatan vaksinasi di hunian sementara, kami bersyukur acaranya berjalan lancar dan kondusif,” ujar Yayat.

Lanjutnya, kepuasan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 di hunian sementara ini dikarenakan adanya kekhawatiran vaksinasi berjalan tidak sesuai dengan rencana. Karena, beberapa hari belakangan ini cuacanya tidak menentu, sehingga menyebabkan akses jalan ke lokasi hunian sementara menjadi kendala, karena memiliki medan yang berat. Namun, kendala itu tidak menyurutkan tim dari Polsek dan Puskesmas yang memutuskan tetap pergi ke kawasan hunian sementara meski cuacanya sedang turun hujan.

“Alhamdulillah, meski jalan kesana medannya lumayan berat, tapi kami tetap sampai di sana dan melakukan kegiatan vaksinasi, hal tersebut kami lakukan demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tutur Iptu Yayat.

Sunariah, salah seorang warga di hunian sementara mengatakan, ia mengikuti vaksinasi ini agar terhindar dari paparan virus Corona.

“Sebetulnya kami sudah lama ingin di vaksin dan baru hari ini kesempaian,” ucapnya. (mg-5/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here